Tumbuhkan sikap bela negara lewat Bela Negara Run

Minggu, 14 Januari 2018 | 15:34 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Tumbuhkan sikap bela negara lewat Bela Negara Run


EVENT LARI - JAKARTA. Setelah sempat tertunda, Bela Negara Run akhirnya terselenggara juga pada Minggu (14/1). Ribuan pelari ikut serta dalam lomba lari yang digelar Kementerian Pertahanan ini.

Sesuai namanya, perhelatan Bela Negara Run dalam rangka memperingati Hari Bela Negara yang jatuh setiap tanggal 18 November. “Bela Negara adalah salah satu bentuk pertahanan negara,” kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sebelum melepas pelari, Minggu (14/1).

Bela Negara Run juga bertujuan agar konsep penanaman nilai-nilai kesadaran bela negara tersosialisasi sejak dini, mulai pendidikan dasar hingga dewasa. Sebab, terbukti efektif dan ampuh dalam upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Karena itu, Bela Negara juga melombakan kategori 1,5K Kids Race untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun dan 5K Teen Race buat remaja hingga 18 tahun. Harapannya, event lari ini bisa melahir bibit muda yang akan membela negara dan mengharumkan Indonesia di bidang olahraga lari.

Selain dua kategori tersebut, Bela Negara Run juga mempertandingkan kategori umum 5K dan 12K. “Setelah Manado dan Jakarta, Bela Negara Run juga akan diselenggarakan di kota-kota lain,” imbuh Menteri Pertahanan.

Info saja, sejatinya, Bela Negara Run digelar pada 17 Desember 2017 lalu. Tapi, Menteri Pertahanan memutuskan menunda lomba lari ini lantaran bertepatan dengan aksi solidaritas Bela Palestina yang dihadiri jutaan massa di Monas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru