Berbahagia bersama nikmati musik di Java Jazz 2016

Sabtu, 05 Maret 2016 | 19:24 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Berbahagia bersama nikmati musik di Java Jazz 2016


JAKARTA. Dahaga para penikmat musik khusus jazz kembali terpuaskan. Ya, Java Jazz 2016 kembali hadir sejak tanggal 4 sampai 5 Maret ini di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Di hari pertama, Jumat (4/3) kemarin, para musisi kawakan dari dalam dan luar negeri saling unjuk gigi menghibur sekaligus menghipnotis para pengunjung. Tidak kurang ada 10 stage di Java Jazz tahun ini yakni, mulai dari Demajors stage, Java Jazz Coffee stage, BNI Hall, Brava Radio Hall, Transcorp Hall, MLD Spot stage, Tebs Hall, Java Jazz Hall, Ministry of Environment and Forestry stage, dan stage bus Jazz Performance.

Alhasil, mulai pintu masuk arena JIExpo, pengunjung pun sudah disuguhi alunan musik dari para musisi. Tak hanya itu, jika beruntung bisa meet n great langsung dengan para musisi idolnya.

Mohammad Istiqomah Djamad alias Is, vokalis dari grup Payung Tedung kepada KONTAN menuturkan rasa bahagianya bisa ikut ambil bagian dari Java Jazz. Tak hanya sebagai artis tetapi juga dirinya pun sangat menikmati menikmati pertunjukan dari para musisi.

“Setiap tahun main dan merasakan keceriaan di dalamnya. Saya rasa, berbahagia lah dengan acara ini,” ujarnya.

Meski demikian, tak dipungkiri ada semacam anekdot yang menyebutkan musik jazz adalah musiknya orang-orang intelektual. Kenapa?, mungkin pada umumnya musik jazz bukan musik yang siap santap.

Butuh kesabaran dan sense musik yang agak mendalam untuk bisa merasakan feel dari musik jazz. Kalau Anda pernah atau sering mendengar lagu-lagu jazz maupun sekadar instrumennya, Anda pasti setuju bahwa tidak semua orang bisa menikmati musik jazz.

Tak melulu jazz

Tapi tak perlu risau, pasalnya di Java Jazz 2016 ini tak seluruhnya menyajikan musik jazz. Tengok saja, grup musik asal Jepang, Tokyo Ska Paradise Orchestra yang sukses menggoyang panggung Java Jazz.

Kelompok ini mengaungkan musik Ska yang sempat nge-hits di Indonesia tahun 1990-an. Pengunjung di MLD Spot stage yang didominasi oleh kalangan muda sangat menikmati lagu-lagu yang dibawakan seperti Wake Up, Ska Me Crazy, dan lain-lain.

Selanjutnya, kelompok Musik Barasuara yang digawangi oleh Iga Massardi (Vocal,Gitar), TJ Kusuma (Gitar), Gerald Situmorang (Bass), Marco Steffiano (Drum) dan dua penyanyi wanita pengiring, Asteriska serta Puti Chitara, yang berhasil menyajikan musik penuh energi.

Para penonton dibuat tak kuasa untuk bernyanyi bersama menyanyikan lagu-lagu seperti Bahas Bahasa, Sendu Melagu, Menunggang Badai, Apil & Lentera, dan Taifun.

Dan, penampilan Glenn Fredly menjadi magnet di Java Jazz 2016. Betapa tidak, sebelum acara di mulai, BNI Hall di JIExpo Kemayoran telah disesaki oleh para pengunjung yang mengantre untuk menonton Glenn beraksi di atas panggung, Jumat (4/3).

Saat pintu pertunjukan mulai dibuka, dalam hitungan detik BNI Hall yang sangat luas langsung dipadati para penonton. Dengan sabar, mereka menunggu dan menanti dimulainya pertunjukan musik oleh Glenn.

Glenn resmi membuka pertunjukannya dengan lagu My Everything. Lagu yang manis dan romantis ini sontak disambut baik oleh para penonton. Dari awal hingga akhir lagu ini dimainkan, para penonton ikut menyanyikan bait demi bait lagu Glenn yang berbahasa Inggris tersebut.

Alasan inilah saban tahun Java Jazz digelar. “Saya pikir seleranya sangat luas dan itu salah satu tujuan dari festival dan sekarang penontonnya lebih tertib karena tidak boleh bawa tongsis,” papar Is.

Bagi Anda yang belum menyaksikan Java Jazz, masih ada kesempatan pertunjukan Sabtu (5/3) dan Minggu (6/3). Terutama menyaksikan aksi panggung spesial show dari Sting di hari Minggu. Untuk tiket daily pass Rp 650.000, sedangkan spesial show Rp 1.900.000. 

Berikut line up artis di Sabtu:

Kunto Aji, Ran, Be3, Dewa Budjana, Endah n’Rhesa, dan special show dari David Foster & Java Jazz Friends, White Shoes & The Couples Company, Tokyo Ska Paradise, Level 42, Isyana Sarasvati, dan Mocca.

Line up artis di hari Minggu:

Barry Likumahuwa Experiment, Erwin Gutawa & Gita Gutawa, Rida Sita Dewi, Maliq & D’essential, David Foster & Java Jazz Friends, Afgan, dan special show Chirs Botti Featuring Sting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru