Dream Cruise bawa ribuan turis rutin sambangi Bali

Senin, 04 September 2017 | 18:30 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Dream Cruise bawa ribuan turis rutin sambangi Bali


INDUSTRI PARIWISATA - Bali akan kedatangan kapal pesiar berukuran jumbo yang membawa ribuan wisatawan mancanegara. Adalah Dream Cruise, kapal pesiar mewah Asia yang secara berkala akan menyambangi Bali selama 2017-2018.

Tujuan Dream Cruise adalah Buleleng di wilayah utara Bali. Bahkan, laman resmi Dream Cruise sudah memajang wilayah Bali Utara sebagai destinasi pelayarannya. Laman Dream Cruise juga memajang lokasi-lokasi di Bali yang memikat wisman. Antara lain situs diving di Pulau Menjangan, Ubud, serta city tour Singaraja.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Nyoman Sutrisna mengatakan, Dream Cruise selama 2017-2018 akan berlabuh hingga tujuh kali di kabupaten yang membentang sepanjang sisi utara Bali itu. Jadwal perdana Dream Cruise berlabuh di Buleleng diperkirakan pertengahan Desember mendatang.

“Kami sudah menerima rencana kedatangan kapal itu. Rencananya akan tujuh kali berlabuh di Buleleng. Dalam sebulan akan dua kali berlabuh di Buleleng,” kata Sutrisna.

Sekali berlayar, Dream Cruise bisa membawa 5.000 orang termasuk wisman dan kru. Buleleng pun untuk pertama kalinya akan disambangi kapal pesiar berukuran panjang 330 meter itu. Sutrisna menjelaskan, Pemkab Buleleng terus melakukan persiapan teknis guna menyambut ribuan wisman yang diangkut Dream Cruise.

Menurutnya, perlu persiapan matang dan rinci untuk menyambut wisman yang langsung datang dalam jumlah ribuan. “Kami sudah melakukan dialog dan kerja sama. Mulai sekarang sudah kami godok, karena ada kurang lebih lima ribu wisatawan,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya beberapa waktu lalu mengatakan, data Cruise Line International Association menunjukkan sekitar 172 kapal pesiar yang singgah di pelabuhan-pelabuhan Indonesia.

Menurutnya, Indonesia memang memiliki faktor iklim yang menguntungkan untuk mengembangkan wisata kapal pesiar. "Indonesia punya suhu yang hangat sepanjang tahun. Pantainya juga bagus, budaya, dan makanannya juga lengkap," ujarnya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Senin (4/9).

Menpar Arief Yahya berarap wisata cruise atau kapal pesiar segera berkembang di Indonesia. Cruise sekarang berukuran besar, dengan kapasitas 3500 an wisatawan. Karena itu membutuhkan pelabuhan dengan kedalaman yang aman antara 12-15 meter. "Celuk Bawang sudah siap, daerah lain masih perlu pendalaman dan menyiapkan terminal untuk wisatawan," ungkap Arief Yahya.

Pelabuhan Celukan Bawang memiliki kedalaman alami, sehingga tidak perlu dilakukan pengerukan. Lahan yang luas juga bisa menampung ratusan kendaraan yang akan membawa wisatawan menuju lokasi-lokasi wisata.

Nantinya, di Celukan Bawang ada kolam Labuh Timur berukuran 662 x 150 meter dengan kedalaman 11 meter. Selain itu ada kolam labuh Barat berukuran 900 x 150 meter dengan kedalaman 4 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru