Festival Kopi Lego jadi promosi wisata Banyuwangi

Kamis, 27 Oktober 2016 | 23:39 WIB Sumber: Antara
Festival Kopi Lego jadi promosi wisata Banyuwangi


BANYUWANGI. Festival "Kampung Kopi Lerek Gombengsari" (Kopi Lego) yang digelar 26-27 Oktober 2016 diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata di kampung Lerek di Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Wisatawan maupun seniman domestik dan mancanegara bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Festival Kopi Lego. Ke depan diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kampung wisata Dusun Lerek," kata panitia acara, Bachtiar Djanan, Kamis malam (27/10).

Dalam kegiatan tur kebun kopi, lanjut dia, sebagian peserta seniman mancanegara ternyata belum pernah mengetahui seperti apa pohon kopi dan belum mengetahui tentang proses sangrai kopi tradisional.

"Kegiatan Festival Kopi Lego merupakan edukasi yang baik bagi wisatawan, agar mereka mengetahui dan mengapresiasi proses pembuatan kopi tidaklah mudah, sehingga wajar produk kopi seharusnya dihargai dengan lebih baik," tuturnya.

Kegiatan mengunjungi kebun kopi dan peternakan kambing etawa membuat para seniman terinspirasi. Behingga beberapa gerakan dalam proses sangrai kopi, mendinginkan kopi, dan menumbuk kopi diambil sebagai inspirasi untuk tarian kolaborasi yang ditampilkan sebagai puncak pertunjukan Festival Kopilego pada Kamis malam.

"Melalui kegiatan festival ini bisa jadi sarana untuk memperkenalkan, serta membawa produk kopi Gombengsari go nasional hingga internasional demi peningkatan kesejahteraan warga," ucapnya.

(Zumrotun Solichah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru