Genjot sales, produsen otomotif bagi-bagi hadiah

Rabu, 27 Desember 2017 | 18:33 WIB   Reporter: Agung Hidayat
Genjot sales, produsen otomotif bagi-bagi hadiah


OTOMOTIF - JAKARTA. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar bagi-bagi hadian untuk mendongkrak penjualan unit di akhir tahun ini. Misal untuk pembeli New Ertiga, konsumen akan mendapatkan satu perangkat Mac Book Pro. Untuk pembelian Wagon R GS dan Suzuki Ignis di pengujung tahun ini masing-masing mendapatkan iPhone 7 dan Kamera Nikon Coolpix.

Pembelian Ertiga Diesel juga akan mendapat bebas service 50.000 km dan penggantian beberapa jenis spare part selama 3 tahun. Susanto Winarto, Head of National Dealers PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, program tersebut berlaku untuk daerah Jabodetabek. 

Menilik laporan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sampai November 2017 total penjualan mobil Suzuki tumbuh 22% menjadi 101.652 unit. Sementara di bulan November 2017 saja, penjualan Suzuki tercatat 11.007 unit, tumbuh 28% dibandingkan bulan yang sama 2016 lalu.

Tipe yang mendominasi penjualan Suzuki ialah New Ertiga, yang mempunyai porsi mencapai 20% dari total penjualan. Sedangkan pangsa pasar Suzuki di sebelas bulan pertama 2017 ini naik menjadi 10,2% di mana periode yang sama tahun lalu hanya 8,6%.

Sementara PT Toyota Astra Motor (TAM) jelang akhir tahun ini seluruh diler Toyota menyelenggarakan berbagai macam program yang disesuaikan dengan karakteristik pelanggan di daerah tersebut.

Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra motor (TAM) bilang, misalnya program leasing. "Program tersebut cukup berpengaruh untuk mempercepat keputusan pelanggan dalam melakukan pembelian," imbuh Henry kepada KONTAN (27/12).

Tampaknya strategi marketing dengan leasing masih sangat diminati TAM sebagai pendorong penjualannya. Diler-diler pun dituntut secara kreatif dan inovatif dapat menggaet banyak pembeli di tahun ini.

Toyota sampai saat ini masih memimpin pangsa pasar mobil di Indonesia. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) di Januari-November 2017 ini pangsa pasar Toyota mencapai 35% dengan total penjualan 347.626 unit.

Namun penjualan Toyota turun tipis kurang dari 1% dibandingkan periode sebelas bulan pertama 2016 lalu yang 349.682 unit. Untuk bulan November tahun ini saja jumlah kendaraan yang dijual hanya mencapai 28.797 unit, merosot 28% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, 40.510 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru