Hari Nusantara 2017 diselenggarakan di Cirebon

Rabu, 13 Desember 2017 | 11:03 WIB   Reporter: Sinar Putri S.Utami
Hari Nusantara 2017 diselenggarakan di Cirebon


INDUSTRI PARIWISATA - CIREBON. Pemerintah kembali merayakan Hari Nusantara 2017. Kali ini perayaan tersebut diselenggarakan di Dermaga Muara Jati, Cirebon, Jawa Barat.

Momentum ini digunakan untuk memperingati keberhasilan diplomasi Indonesia agar prinsip negara kepulauan diakui secara internasional melalui instrumen Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCLOS) 1982.

Pengakuan ini sebelumnya didahului oleh diumumkannya Deklarasi Djoeanda pada 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut pun merupakan sebuah keputusan untuk menyatukan Indonesia sebagai negara kepulauan berbeda dengan apa yang termaktub dalam _Territoriale Zee en Maritieme Kringen Ordonantie_ 1939 , yang menetapkan batas teritorial Indonesia secara terpisah-pisah.

Perayaan yang mengusung tema Gotong Royong dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia ini tidak hanya melajukan kegiatan seremonial, tapi juga dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan sosial seperti donor darah.

Menko Maritim Luhut Pandjaitan sebagai ketua dewan pengarah Hari Nusantara 2017 mengingatkan perlunya masyarakat Indonesia mengingat kembali posisi strategis Indonesia di kawasan. “Saya sebut ini sebagai posisi silang diantara dua samudera dan diantara dua benua besar, jadi Indonesia ini berada pada posisi yang strategis,” ujarnya disela-sela kunjungan kerjanya ke Qatar lewat siaran pers, Rabu (13/12).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru