Indonesia membidik turis India

Rabu, 31 Januari 2018 | 10:03 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Indonesia membidik turis India

ILUSTRASI. Wisata PANTAI LAMPUUK


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Pemerintah terus gencar bidik wisatawan mancanegara ke Indonesia. Salah satunya dengan South Asia Travel and Tourism Expo yaitu Travel market atau pameran industri pariwisata terbesar untuk pasar di Asia Selatan.

Acara ini digelar pada 31 Januari hingga 2 Februari 2018 di Pragati Maidan, New Delhi, India. Tahun ini merupakan pelaksanaan SATTE ke-25.

"India merupakan pasar yang potensial dan terbesar di Asia Selatan. Selama tahun 2016 saja sudah hampir 300 ribu inbound dari India. Artinya hampir tiap hari 900 orang yang terbang ke tanah air, jadi pasar India sangat seksi dan trennya selalu meningkat,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kemenpar, I Gde Pitana.

Pitana menjelaskan, branding Wonderful Indonesia akan terlihat pesonanya di India. Terlebih, lokasi pameran SATTE yang sangat strategis yakni di Pragati, Maidan.

Menurut Pitana, SATTE merupakan event yang bersifat business to business. Pameran ini dihadiri 950 exhibitors dari 40 negara dengan total pengunjung sebanyak 350 ribu orang.

"SATTE merupakan pameran pariwisata B2B (bussines to bussines) di Asia Selatan. Ini juga sekaligus mentargetkan wisman asal New Delhi berkunjung ke Indonesia. Semoga ini bisa terus terealisasi. Target tahun ini 520 ribu wisman datang ke Indonesia,” tandas Pitana dalam keterangan yang diterima KONTAN, Rabu (31/1).

Pitana menambahkan, Indonesia datang dengan kekuatan penuh setelah memastikan akan didampingi 32 industri yang mempromosikan Indonesia. \

Selain itu, Pavilion Indonesia juga akan tampil spektakuler dengan luas 11 x 12 meter. Booth Wonderful Indonesia itu didesign indah dengan komposisi Kapal Phinisi sebagai ikon pameran Kemenpar di manapun berada.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, India merupakan top ten penyumbang wisman. Jumlah wisman yang berkunjung di periode Januari hingga November 2016 adalah sebanyak 336.575 orang atau naik sebesar 29.35% dibanding periode yang sama di tahun 2015 sebanyak 260.205 orang.

Sedangkan Jumlah kunjungan wisman India Bulan Januari - November 2017 ke Indonesia sebesar 434.198. Data ini menunjukkan kenaikan dari tahun sebelumnya sebanyak 29%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru