Ingat, jangan unggah foto boarding pass di medsos!

Jumat, 22 Juli 2016 | 22:28 WIB Sumber: Tabloid Nova
Ingat, jangan unggah foto boarding pass di medsos!


JAKARTA. Seiring tren traveling dan penggunaan media sosial makin marak, kita semakin sering melihat foto sebuah boarding pass diunggah ke media sosial. Apakah Anda juga pernah memotret boarding pass dan mengunggahnya di Instagram, Facebook, atau Twitter?

Padahal, boarding pass alias “tiket” untuk masuk ke pesawat adalah dokumen penting yang sebaiknya tidak Anda unggah untuk alasan keamanan.

Security expert mengungkap kepada Business Insider UK, tentang apa bahaya memotret boarding pas dan mengunggahnya ke internet. "Di boarding pass, ada barcode dua dimensi dan kode QR yang dapat menyimpan banyak informasi. Kode itu dicetak pada boarding pass dan memungkinkan seseorang untuk menemukan lebih banyak data tentang Anda. Termasuk rencana perjalanan yang akan Anda lakukan serta perjalanan Anda sebelumnya".

Hal ini tentu akan bahaya apabila ada seseorang yang selama ini diam-diam memanfaatkan media sosial untuk mengakses data-data penting tentang Anda atau kehidupan Anda. Seseorang yang mencari tahu informasi tentang Anda itu bisa mendapatkan informasi mengenai nomor telepon, catatan perjalanan lengkap dengan tanggal, hingga informasi penting lain tentang yang berhubungan dengan pemesanan tiket Anda.

Hal ini tentu tak bisa dianggap sepele. Meski Anda tak merasa memiliki “penguntit” ataupun musuh, bisa saja data itu digunakan oleh orang tak bertanggung jawab, bukan?

Ingat, internet adalah area yang sangat luas dengan teknik hacking yang semakin canggih seiring berjalannya waktu. Di era ini, melindungi privasi dan data diri adalah hal yang harus selalu Anda perhatikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru