JakDeals ViWI 2018 siap datangkan satu juta wisman

Jumat, 04 Mei 2018 | 19:31 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
JakDeals ViWI 2018 siap datangkan satu juta wisman

ILUSTRASI. Program Jakarta Weekend Hot Deals Visit Wonderful Indonesia (Jakdeals ViWI)


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Jakarta Weekend Hot Deals (JakDeals) Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 yang diluncurkan Kementerian Pariwisata diproyeksikan JakDeals 2018 akan mendatangkan satu juta wisatawan mancanegara.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata (Kempar) telah meluncurkan Hot Deals Kepulauan Riau (Kepri) dan akan kembali meluncurkan Hot Deals di Bali.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata mengatakan target dari program Hot Deals mendatangkan sebanyak 2,5 juta wisman. Untuk itu peluncuran Hot Deals di tiga pintu utama wisman terbesar diharapkan mampu mencapai target tersebut.

“Harapannya di JakDeals ViWI ini bisa menggaet satu juta wisman, Kepri 500.000, dan di Bali nanti satu juta wisman serta tambahan dari 15 destinasi lainnya,” ujar Arief dalam siaran pers, Jumat (4/5).

Menurut Arief, kunci dari pelaksanaan Jakdeals terletak pada harga jual yang harus bersaing (bundling) dengan paket Hot Deals yang di jual di kawasa Asean seperti Malaysia dan Thailand.

“Sebagai perbandingan Malaysia itu mengeluarkan Hotdeals paket wisata tiga hari dua malam dengan fasilitas hotel berbintang hanya Rp 2,2 juta-Rp 2,6 juta. Sementara, Thailand lebih mahal sedikit Rp 2,4 juta-Rp 2,8 juta,” tutur Arief.

Raymond Djani, Tim Pelaksana ViWI 2018 mengatakan paket yang disediakan pada program Jakdeals 2018 akan bersaing dengan paket Hot Deals negara tetangga yakni memberikan menginap tiga hari dua malam di hotel bintang tiga dengan harga Rp 1 juta.

“Paket yang kami sediakan sangat kompetitif dengan negara tetangga, Rp 1 juta itu sudah termasuk transfer dan untuk paket Jakdeals sudah dijual dan dipromosikan melalui Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF),” tutur Raymond dalam siaran pers, Jumat (4/5).

Selain itu, tambah Raymond guna menyukseskan program Hot Deals ViWI 2018 telah disiapkan 250 paket hot deals dari 18 stakeholder pariwisata. “Paket-paket itu sudah termasuk di tiga klaster A yakni Jakarta, Bali dan Kepri. Klaster B di 18 destinasi ViWI dan Klaster C di destinasi lainnya,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru