Kapal pesiar berkeliling di Bali

Minggu, 18 Maret 2018 | 09:21 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kapal pesiar berkeliling di Bali

ILUSTRASI. Kapal pesiar Regent Explorer


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Jelang perayaan Nyepi tercatat sekitar 2.777 wisman dari tiga kapal pesiar, masuk ke Pulau Dewata. Kedatangan mereka jadi penegas pariwisata Pulau Dewata sudah pulih.

“Kedatangan para wisatawan sesuai schedule awal. Pada bulan Maret ini kapal pesiar yang datang akan terus bertambah. Terlepas dari itu, dengan kedatangan mereka menjadi tanda kepercayaan masyarakat luar sudah pulih,” ungkap General Manager Pelindo III Cabang Benoa I Wayan Eka Saputra dalam keterangan yang diterima KONTAN, Sabtu (17/3).

Salah satu kapal yang bersandar berbendera Italia, Costa Luminosa berlabuh di Pelabuhan Benoa. Terkait dengan Nyepi, operasional Pelabuhan Benoa akan berhenti sementara selama 24 jam. Sebelum singgah di Bali, kapal pesiar Costa Luminosa ini sudah singgah di Lombok Barat, Kamis (15/3) lalu.

Selama berada di Lombok, wisatawan melancong ke beberapa destinasi. Menuju Taman Narmada, Gili Nangu, Pasar Seni Sesela, juga Sentra Gerabah Banyumulek. Di Pasar Seni Sesela, para wisatawan membeli beragam hasil kerajinan. Total transaksi yang dibukukan Rp 28 juta. Angka ini lebih besar dari transaksi wisatawan penumpang kapal pesiar MV Volendam sebesar Rp 24 juta.

Sebelum kedatangan Costa Luminosa, Pelabuhan Benoa sudah dikunjungi oleh dua kapal pesiar. Europa II yang berbendera Malta singgah lebih dahulu pada Rabu (14/3). Kapal dengan panjang 225 meter ini diperkirakan membawa 500 orang. Kemudian kapal pesiar Seaborn Encore singgah sehari sebelumnya dengan perkiraan membawa 600 wisatawan.

Total selama Maret, Pelabuhan Benoa akan menerima kunjungan 13 kapal pesiar. Dari jumlah itu, ada sekitar 10 wisatawan yang akan turun dari kapal. Mayoritas kapal tersebut berbendera Bahama, Malta, dan Inggris Raya. Sepanjang tahun 2018 ini, Pelabuhan Benoa menargetkan kunjungan 80 kapal pesiar. Jumlah itu meningkat 14,3% dari tahun sebelumnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi tinggi atas kehadiran kapal-kapal pesiar ini.
“Respon wisman dari jalur laut luar biasa. Mereka merasa nyaman dengan suasana perairan Indonesia yang indah. Kedatangan mereka harus dilayani dengan baik,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru