Kopi banyak peminat, penjualan kopi Tokopedia terus menanjak

Rabu, 21 Maret 2018 | 17:36 WIB   Reporter: Annisa Heriyanti
Kopi banyak peminat, penjualan kopi Tokopedia terus menanjak

ILUSTRASI. Situs Belanja Online Tokopedia


E-COMMERCE - JAKARTA. Meningkatnya popularitas dan konsumsi kopi di Indonesia juga tercermin di kanal jual beli online. Berdasarkan data Tokopedia, penjualan kopi di platform marketplace-nya meningkat hampir tiga kali lipat dari sebelumnya 40.000 produk pada 2016 menjadi hampir 120.000 poduk selama 2017. Karenanya, ke depan Tokopedia berkomitmen untuk mendukung produsen dan pengusaha kopi lokal dalam mengembangkan skala bisnisnya.

Garri Juanda, Co-head Marketplace Tokopedia mengatakan, Tokopedia serius dalam memberikan pendampingan, akses dan edukasi yang dibutuhkan, termasuk peningkatan kualitas produksi, pemasaran, branding serta penyediaan fitur-fitur yang memudahkan merchant dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari. "Dengan dukungan dari hulu ke hilir, kami berharap produsen dan pengusaha kopi lokal Indonesia dapat terus tumbuh, bahkan menjadi brand berskala nasional,” ujar Garri dalam keterangan resminya Rabu (21/3).

Berdasarkan data penjualan Tokopedia, kopi dari jenis biji kopi Arabika dan Robusta masih menjadi varian yang paling diminati oleh masyarakat selama tahun 2017. Selain itu, mulai banyak penikmat kopi yang tertarik untuk meracik kopi sendiri ala kafe. 

Ini terlihat dalam neraca penjualan di Tokopedia di mana terdapat tiga tipe produk yang menjadi favorit masyarakat, yakni pour over hand grip, grindel manual serta elektrik, dan saringan kopi.

Khusus untuk para pecinta kopi, Tokopedia juga menyediakan laman khusus berupa Hot List Kopi Indonesia yang mempermudah pengguna Tokopedia mendapatkan kebutuhan produk kopi lokal. Hingga saat ini, Tokopedia memiliki lebih dari 4.000 seller kopi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru