Mau ke Labuan Bajo, masukkan empat destinasi ini dalam itinerary

Jumat, 02 Februari 2018 | 12:26 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Mau ke Labuan Bajo, masukkan empat destinasi ini dalam itinerary

ILUSTRASI. PESONA TAMAN NASIONAL KOMODO


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Jika berencana ke Festival Komodo 2018 yang akan digelar pada 5-10 Maret 2018 mendatang, ada empat destinasi menarik bagi wisatawan. Empat daerah itu di Pulau Kelor, Rinca, Kanawa dan Bidadari.

Keempat pulau tersebut punya karakter dan keunikan masing-masing. Jaraknya pun bervariasi satu sama lain. Ada kapal yang menyediakan one day trip. Walau singkat, wisatawan tetap bisa bertemu komodo hingga snorkeling melihat ikan dan terumbu karang yang penuh pesona.

Soal biaya, jauh lebih murah. Kalau sailing 3-4 hari membutuhkan bujet Rp 2,5 juta-Rp 3 juta per orang. One day trip hanya memerlukan budget maksimal Rp 500.000 per orang. Kocek sebesar itu bisa membiayai traveling untuk dua orang.

"Biaya kapal untuk one day trip ini bisa langsung ditawar pada pemilik kapal. Biasanya mereka membanderol harga mulai Rp 700 ribu hingga Rp 1,5 juta per kapal selama sehari. Dari pagi sampai lepas sunset," kata Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Ardu Jelamu dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (2/2).

Kelor merupakan pulau paling dekat dengan Labuan Bajo. Pulaunya kecil dan punya bukit yang berbentuk mirip kerucut di tengah-tengahnya. Orang yang datang ke Pulau Kelor bisa tracking ke puncak bukit tersebut.

"Bukitnya tidak terlampau tinggi, tapi cukup terjal dan licin. Kemiringannya hampir 60 derajat. Pulau Kelor tak berpenghuni. Kalau mau menginap di sana, harus menggelar tenda dom," tambah Marius.

Penggila tracking juga bisa ke Pulau Rinca. Di pulau terbesar kedua setelah Pulau Komodo itu, pengunjung juga bisa menemukan reptil kadal raksasa, komodo. Tiket masuk ke Pulau Rinca untuk turis lokal hanya Rp 90 ribu. Sedangkan turis mancanegara harus merogok kocek Rp 300 ribu.

Berbeda lagi dengan Pulau Kanawa. Di sini, terkenal dengan airnya yang jernih seperti cermin. Terdapat jutaan terumbu karang dan ikan beragam jenis di sini. Semuanya cantik dan tampak seperti lukisan di dasar laut.

Namun di antara pulau-pulau tersebut, Pulau Bidadari menjadi yang terbaik. Seperti namanya Bidadari, pulau ini punya kecantikan alami karena ada semua jenis ikan dan terumbu karang didalam pulau ini. Terutama dasar lautnya. Tidak heran sekitar pulau ini jadi spot favorit snorkeling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru