Meski kalah, Jepang lolos ke babak 16 besar melalui sistem fair play

Jumat, 29 Juni 2018 | 09:42 WIB   Reporter: Abdul Basith
Meski kalah, Jepang lolos ke babak 16 besar melalui sistem fair play

ILUSTRASI. Tim Jepang merayakan lolos ke babak 16 besar


PIALA DUNIA 2018 - JAKARTA. Tim Nasional Jepang berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 melalui mekanisme fair play. Jepang tetap berada pada peringkat kedua grup H meski kalah dari Polandia 1-0 pada laga terakhir.

Hingga seluruh laga penyisihan usai, Jepang berada pada posisi kedua grup H memiliki poin yang sama dengan Senegal yang berada pada posisi 3 yaitu 4 poin. Sementara pada Piala Dunia, negara yang berhak melaju ke babak 16 besar adalah negara yang berada pada posisi 1 dan 2 saja.

Oleh karena itu dengan poin yang sama, Jepang dan Senegal saling berebut posisi kedua. Sesuai mekanisme yang ada, bila poin sama maka penentuan dilakukan dengan membandingkan selisih gol.

Namun, selisih gol yang dimiliki oleh Jepang dan Senegal memiliki angka yang sama. Senegal dan Jepang berhasil memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak 4 kali selama Piala Dunia 2018 dan kemasukan juga 4 kali yang membuat selisih gol kedua negara tersebut sama yaitu 0.

Tidak berhenti sampai disitu, penentuan dilanjutkan melalui sistem head to head atau melihat pertandingan kedua negara tersebut. Saat bertemu Senegal sebelumnya, tim samurai biru berhasil mencatatkan skor imbang 2-2.

Akhirnya Jepang dinyatakan lolos sebagai peringkat kedua grup H melalui mekanisme fair play. "Grup H memperlihatkan selisih yang baik, Jepang lolos sementara Senegal tereliminasi melalui poin fair play," ujar akun twitter resmi @FIFAWorldCup.

Poin fair play didapatkan dengan menghitung perbandingan jumlah kartu yang diberikan kepada tim. Tim yang paling sedikit mendapat kartu menjadi tim yang lolos.

Pada penyisihan grup H Piala Dunia 2018 Jepang diganjar kartu kuning sebanyak 4 kali. Sementara Senegal mendapatkan kartu kuning lebih banyak sejumlah 6 kartu kuning.

Berdasarkan hasil tersebut Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai satu-satunya wakil dari benua Asia. Sementara kegagalan Senegal membuat seluruh negara dari benua Afrika resmi mundur dari lanjutan Piala Dunia 2018.

Selain Jepang, Colombia juga berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Gol Yerry Mina pada menit ke-74 ke gawang Senegal membuat Colombia menjadi pemuncak grup H.

Pada babak 16 besar Jepang akan berhadapan dengan juara grup G yaitu Belgia. Sementara Colombia akan menghadapi Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru