Modem 5G Qualcomm terpilih dalam uji coba mobile 5G NR

Jumat, 09 Februari 2018 | 21:45 WIB   Reporter: Klaudia Molasiarani
Modem 5G Qualcomm terpilih dalam uji coba mobile 5G NR

ILUSTRASI. QUALCOMM


TELEKOMUNIKASI - JAKARTA. Qualcomm Technologies, Inc, anak perusahaan Qualcomm, mengumumkan bahwa modem 5G Qualcomm Snapdragon X50 telah dipilih untuk digunakan dalam uji coba mobile 5G NR dengan sejumlah operator jaringan nirkabel global pada pita spektrum sub - 6 GHz dan milimeter wave (mmWave).

AT&T, British Telecom, China Telecom, China Mobile, China Unicom, Deutsche Telekom, KDDI, KT Corporation, LG Uplus, NTT DOCOMO, Orange, Singtel, SK Telecom, Sprint, Telstra, TIM, Verizon, dan Vodafone Group akan melakukan uji coba yang berdasar pada standar 3GPP Release 15 untuk 5G NR.

Rencananya, uji coba tersebut menekankan kesiapan solusi dari mobile 5G NR milik Qualcomm Technologies untuk smartphone dan komersialisasi produk dan layanan dari 5G NR yang sesuai standar global di tahun depan.

Adapun, Qualcomm Technologies akan menunjukkan interoperabilitas 5G NR sesuai dengan standar yang sudah ada, dengan beberapa vendor infrastruktur yang menggunakan sistem prototipe mutakhir dari Qualcomm.

Kemajuan berkelanjutan itu bakal berujung pada uji coba 5G NR secara langsung oleh para operator terkemuka pada tahun 2018 atau awal 2019, yang pada akhirnya akan mengarah pada penerapan jaringan 5G NR secara komersil serta peluncuran ponsel pintar yang dapat terhubung dengan beragam jaringan dan frekuensi di tahun 2019.

“Uji coba ini mendemonstrasikan bagaimana kita bekerja sama dengan para operator global untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi pada industri mobile, sekaligus membuat 5G menjadi kenyataan dengan mendukung sejumlah besar peluncuran komersial yang diharapkan terjadi pada tahun 2019," ujar Cristiano Amon, President, Qualcomm Incorporated seperti dikutip dalam rilis, Jumat (9/2).

Adapun, uji coba operator akan mulai dilaksanakan pada tahun 2018 dan akan memanfaatkan spektrum pada sub-6 GHz serta millimeter wave (mmWave), yang penting untuk memberikan cakupan yang sangat luas dan meningkatkan kapasitas jaringan. (Klaudia Molasiarani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru