Pagelaran festival hari nelayan Jabar sukses

Kamis, 05 April 2018 | 23:13 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Pagelaran festival hari nelayan Jabar sukses

ILUSTRASI. WISATA GEOPARK CILETUH PALABUHANRATU


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Gelaran Festival Hari Nelayan Palabuhan Ratu ke-58 pada Kamis (5/4), sukses dipadati wisatawan. Halaman parkir Pasar Pelabuhan Ratu yang jadi pusat titik acara semakin meriah saat digelar pertunjukan kesenian tradisional mengisahkan pantai selatan Jawa Barat dan Kerajan Padjadjaran.

Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kempar) I Gde Pitana mengatakan, pihaknya sangat senang telah mendukung perhelatan pariwisata seperti ini. Terlebih penyelenggaraan Festival Hari Nelayan Pelabuan Ratu ke-58, menjadi momentum untuk mendukung upaya penetapan Geopark Ciletuh oleh UNESCO.

“Diiharapkan pengembangan Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu sebagai tujuan wisata internasional dapat tewujud agar masyarakat pesisir tidak tergantung pada sektor perikanan tetapi juga mampu mengembangkan sumber ekonomi lainnya, yakni pariwisata," ujar Pitana dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (5/4).

Reni Marlinawati Anggota Komisi X DPR menegaskan, keberadaaan keberadaaan Geopark Ciletuh akan berdampak positif demi penyelamatan geodiversity (keanekaragaman geologi), biodeversity (keanekargaman hayati) dan culturebiodevirsity (keanekaragaman budaya). “Geopark Ciletuh diharapkan berdampak pada perkembangan pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, ini sangat baik untuk kesejahteraan rakyat," kata Reni.

Reni berharap warga Kabupaten Sukabumi bersiap dan berbenah diri menyambut para pelancong yang akan mendatangi sejumlah wisata di Sukabumi. “Nantinya, pada saat akhir pekan objek wisata Geopark Ciletuh dapat dijangkau dengan kapal selama 30 menit. Kementerian Perhubungan menargetkan Pelabuhan Ratu, Sukabumi sudah harus bisa berfungsi secara maksimal pada 2019. Ditambah jika nanti Tol Bogor Sukabumi Cianjur rampung dibangun. Sukabumi hari ini jadi destinasi wisata andalan di Jabar," ujarnya.

Festival Hari Nelayan ini digelar selama 10 hari. Rangkaian kegiatan digelar di sejumlah tempat. Sejumlah kegiatan dipadukan dengan festival budaya masyarakat khas pesisir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru