Pariaman Triathlon 2017 sukses digelar

Selasa, 05 Desember 2017 | 12:44 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Pariaman Triathlon 2017 sukses digelar


DESTINASI BAHARI - JAKARTA. Ada yang berbeda di Pantai Kata, Pariaman, Sumatra Barat. Selama dua hari, tepatnya pada 2 hingga 3 Desember lalu, salah satu destinasi di Kota Pariaman ini dipadati lebih dari 5.000 wisatawan.

Penyebabnya adalah ajang sport tourism bertajuk Pariaman Triathlon 2017. Ajang yang pertama kalinya digelar ini berlangsung sukses. Sebanyak 144 atlet datang dari sejumlah negara seperti Prancis, Selandia Baru, Hungaria, Jepang, Spanyol dan Portugal ini terlihat antusias.

“Karena memang inilah yang menjadi kelebihan dari ajang sport tourism. Para peserta tidak hanya berkompetisi, tapi mereka bisa sambil menikmati suguhan alam yang ada. Dan Pariaman punya suguhan alam yang tak kalah indah,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman, Elfis Chandra.

Tidak hanya berdampak pada destinasi yang ada, event ini dikatakan Elfis juga memberikan dampak langsung pada industri yang ada di Kota Pariaman. Para peserta yang didampingi tim ataupun keluarga, membuat tingkat hunian hotel di Pariaman meningkat tajam. Bahkan okupansinya juga berdampak pada hotel-hotel di sekitar Pariaman.

"Selama pelaksanaan Pariaman Triathlon 2017 hotel penuh, bahkan dari sebelum acara berlangsung. Karena mayoritas peserta datang dari beberapa hari sebelumnya,” ujar Elfis.

Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti mengatakan, inilah dampak yang diharapkan dari penyelenggaraan sebuah event. Bahwa manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat ataupun industri. Meski event hanya berlangsung dua hari, masa tinggal para peserta rata-rata lebih dari dua hari. "Dengan masa tinggal lebih lama, tentunya perekonomian di Kota Pariaman bisa terangkat," ujar Esthy dalam keterangan yang diterima kontan.co.id, Selasa (5/12).

Esthy berharap, visi menjadikan Kota Pariaman menjadi tujuan wisata harus digeber bersama. "Potensi wisata Kota Pariaman terus ditingkatkan setiap tahun, kami juga akan tuntas pembangunan pinggiran pantai untuk menunjang potensi wisata ini," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru