Penggemar kopi, silakan sambut Jacoweek 2016!

Kamis, 22 September 2016 | 16:19 WIB   Reporter: Ruisa Khoiriyah
Penggemar kopi, silakan sambut Jacoweek 2016!


JAKARTA. Anda penggemar kopi? Bila iya, Anda mungkin akan senang mendengar kabar ini. Pertengahan Oktober nanti, bakal ada Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2016 yang digelar pada 15 Oktober sampai 16 Oktober 2016 di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Jacoweek 2016 ini digagas oleh ABCD School of Coffee dan HYPE akan diramaikan oleh gerai coffee shop terbaik di Jakarta dan sekitarnya. Bukan cuma itu, dalam event ini juga akan diselenggarakan dua kompetisi kopi skala besar. Yaitu, ABCD Latte Art Showdown 2016 yakni kompetisi membuat latte art yang melibatkan lebih dari 60 orang latte artist seluruh Indonesia. Kedua, Battle of Brewers-V60. Ini adalah kompetisi menyeduh kopi secara manual memakai alat V60. Kompetisi ini akan diikuti lebih dari 80 ahli seduh kopi dari seluruh Indonesia. Ada pula cupping, workshop seputar kopi, dan lain sebagainya.

Hendri Kurniawan, pendiri dan Chief Trainer ABCD School of Coffee, mengungkapkan, event Jacoweek penting sebagai wadah bagi semua penggemar kopi agar turut serta mengembangkan kopi Indonesia. "Kami harapkan ajang ini bisa membuat masyarakat lebih mengenal kopi Indonesia dan prosesnya," ujar Hendri dalam siaran pers yang diterima oleh KONTAN, Kamis (22/9).

Willy Kurniawan, Chief Executive HYPE Pantai Indah Kapuk, menambahkan, Jacoweek akan menjadi ajang pertemuan para pecinta kopi, roaster, barista, coffee owner dan dia harap bisa melahirkan hasil dan kolaborasi yang baik untuk kemajuan kopi Indonesia. 

Kopi asal Indonesia sudah cukup terkenal di seantero dunia. Data Kementerian Perdagangan mencatat, ekspor kopi Indonesia tahun 2015 menembus US$ 1,19 miliar. Naik 15,21% dibandingkan tahun 2014. Menurut International Coffee Organization, Indonesia menduduki urutan keempat sebagai produsen kopi terbesar di dunia pada 2014 dengan perkiraan produksi mencapai 622 ribu metrik ton per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ruisa Khoiriyah

Terbaru