Pertamina berangkatkan pemudik pakai kereta api

Jumat, 08 Juni 2018 | 14:45 WIB   Reporter: Febrina Ratna Iskana
Pertamina berangkatkan pemudik pakai kereta api

ILUSTRASI. Penumpang kereta api Stasiun Senen


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) kembali melaksanakan program mudik gratis pada tahun ini. Berbeda dari tahun lalu, Pertamina memilih memberangkatkan peserta mudik gratis menggunakan moda transportasi kereta api.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito mengatakan pemberangkatan mudik gratis dengan kereta api oleh Pertamina merupakan yang perdana dan akan menjadi bagian dari kegiatan tahunan Pertamina yang dikemas dalam acara Bareng Bareng Mudik (BBM) 2018, sebagai Sinergi antar BUMN. Pada tahun ini Pertamina memberangkatkan 1.312 pemudik menggunakan kereta api yang dimulai pada Jumat (8/7).

“Ini tahun pertama kami menggelar mudik dengan kereta api, agar ada pilihan bagi masyarakat selain bus dan kapal laut. Kami berupaya memaksimalkan moda yang ada untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman dengan aman dan nyaman,” jelas Adiatma dalam siaran pers Jumat (8/6).

Adiatma bilang para pemudik akan dilepas dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat dalam dua pemberangkatan yakni 8 Juni sebanyak dua kereta dan 9 Juni sebanyak empat kereta, sehingga total ada enam kereta api yang digunakan Pertamina untuk memgangkut peserta mudik gratis ke kampung halamannya.

Kereta api yang diberangkatkan hari ini adalah Gajahwong dengan tujuan Lempuyangan, Yogyakarta dan kereta Singasari dengan tujuan Blitar, Jawa Timur. Sementara untuk 9 Juni, Bareng-Bareng Mudik dengan moda kereta akan menggunakan Jaka Tingkir dengan tujuan Purwosari, Solo, Kereta Api Menoreh dengan tujuan Tawang, Semarang, Gajahwong dengan tujuan Lempuyangan, Yogyakarta dan Majapahit dengan tujuan Malang, Jawa Timur.

Para pemudik dengan moda kereta api menyambut baik langkah Pertamina tahun ini. 

Misbahul Fakhrudin, warga Jakarta Utara, yang mengaku sering mengikuti kegiatan mudik gratis bareng Pertamina mengatakan, diperluasnya angkutan mudik dengan kereta api menjadi pengalaman pertamanya. "Alhamdulillah, ini kesempatan langka. Mudik naik kereta gratis, tinggal daftar prosedurnya gampang, dan tidak kena macet," kata pria yang akan mudik ke Bumiayu, Jawa Tengah.

Harapannya tahun depan mudik kereta diperbanyak lagi, agar pemudik lain yang tidak kebagian bisa mendapatkan kesempatan naik kereta api. 

Sementara itu, acara BBM 2018 Pertamina secara massal akan dilaksanakan Sabtu, 9 Juni 2018 dengan menggunakan 122 unit transportasi, dengan perincian 110 unit bus tujuan ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat serta Palembang, enam kereta api dengan lebih dari 10 kota tujuan di Jawa dan enam kapal laut dari Makassar dengan lima kota tujuan yaitu Surabaya, Balikpapan, Lewoleba, Bima dan Bau-bau.

Peserta mudik berasal dari mitra kerja, mitra CSR, marbot masjid dan masyarakat umum. Selain itu, dalam rangka menyambut Asian Games 2018, mudik tahun ini juga mengikutsertakan komunitas olahraga, diantaranya para mantan atlet, petugas kebersihan dan keamanan gelanggang olahraga serta pengurus organisasi-organisasi olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru