Tips jitu hasilkan karya foto ciamik via gawai

Kamis, 09 Februari 2017 | 17:43 WIB Sumber: Antara
Tips jitu hasilkan karya foto ciamik via gawai


JAKARTA. Handphone saat ini menjadi benda utama yang dibawa ke mana saja. Bukan hanya fungsinya sebagai alat komunikasi, tapi handphone saat ini menjadi alat yang paling sering digunakan untuk memotret.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kemampuan kamera handphone semakin bertambah. Kamera smartphone pun kini semakin canggih dengan hasil gambar yang tidak kalah bagusnya dengan gambar yang dihasilkan kamera SLR.

Sayangnya, hasil foto menggunakan kamera smartphone terkadang masih tetap terbatas. Bukan semata karena kualitas kamera, namun juga mungkin karena tidak mengetahui cara penggunaannya dengan baik.

"Kenalilah kamera pada hapemu dengan baik, kenalilah tombol fungsi-fungsinya," kata fotografer Thomson Reuters Bea Wiharta, sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (9/2).

Berikut tips dari Bea Wiharta untuk mengoptimalkan kemampuan kamera smartphone agar memiliki hasil seperti kamera profesional.

1. Pencahayaan

Beberapa kamera smartphone, seperti Samsung Galaxy S7, LG G5 dan Sony Z5, sudah dilengkapi dengan slider pengatur pencahayaan, meski bentuknya berbeda.

Saat cahaya kurang gelap, tombol slider pengatur cahaya tersebut dapat digeser agar cahaya menjadi lebih gelap, begitu juga sebaliknya.

"Slider pengatur pencahayaan ini akan membuat hasil fotomu jauh lebih baik dibanding biasanya. Dan slider ini yang akan membuat hasil fotomu seperti memakai kamera profesional," ujar Bea.

"Memotret adalah menangkap cahaya, semakin banyak cahaya, hasilnya akan makin bagus. Jadi memotretlah di tempat yang banyak cahaya sehingga kita bisa memilih milih atau memainkan cahaya memakai HP kita," sambung dia.

2. Fokus

Setelah mengatur pencahayaan, yang diatur kemudian adalah fokus. Pilihlah titik fokus sesuai kebutuhan.

Kamera smartphone saat ini sudah bisa membuat foto menjadi bokeh, di mana fokus pada satu objek dan objek di belakang menjadi blur.

"Aturan pencahayaan dan fokus yang benar bisa membuat foto dari HP seperti foto dari kamera pro," kata Bea.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru