Wisata belanja Indonesia jadi incaran warga Malaysia

Minggu, 18 Maret 2018 | 22:34 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Wisata belanja Indonesia jadi incaran warga Malaysia

ILUSTRASI.


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Penyelenggaraan Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair 2018, diminati para pengunjung yang mayoritas berasal dari Malaysia dan dikenal sangat menyukai wisata belanja.

Secretary Tourism Officer Johor, Mohd Azhari Bin Abu Bakar menegaskan Indonesia memiliki semua yang menjadi hobi dan kesukaan wisatawan dari Malaysia. “Karakternya orang Malaysia suka belanja (shopping), dan luar biasanya Indonesia justru punya semuanya,” ujar Azhari dalam keterangan yang diterima KONTAN, Minggu (18/3).

Indonesia, telah memiliki banyak akses sehingga memudahkan wisatawan asal Malaysia untuk berwisata ke kota-kota di Indonesia. “Kondisi sekarang akses ke Indonesia juga sudah mulai mudah, kita bisa ke Jakarta dulu, baru ke kota-kota lain. Kami juga bisa ke Batam terlebih dahulu baru ke kota-kota lain. Jadi, Indonesia kini banyak bandara yang menjadi penghubung. Itu mempermudah kami berwisata, dan memilih tujuan,” imbuh Azhari.

Azhari juga menjelaskan Indonesia selain punya banyak mal untuk wisata belanja, juga memiliki alam yang indah, wisata buatan yang berkelas dan budaya yang menarik.

Hal senada diungkapkan oleh industri asal Malaysia, Beststar Travel. Industri kelas kakap asal negeri Jiran itu bahkan setiap bulannya memboyong wisatawan asal Malaysia sebanyak 300 orang yang terbagi menjadi lima rombongan. “Saya sudah membawa mereka semua ke Bandung, Yogyakarta, Medan, Padang, Batam, Jakarta, Bogor, dan Bali. Sepulang dari Indonesia, wisatawan yang kami bawa happy sekali,” kata Marketing Executive Beststar Travel Zulkarnain Bin Ahmad.

Selain fasilitas belanja yang lengkap, wisatawan asal Malaysia juga sangat menyukai keindahan alam Indonesia yang menakjubkan. ”Alam Indonesia membuat kami tenang. Kami enjoy. Indonesia punya alam yang indah, sejuk bahkan masih sangat alami, tak bosan-bosan saya ke sana,” kata Zulkarnain. Beststar Travel bahkan sudah menjalin kerjasama dengan Malaysia Airlines, Air Asia, Lion Air, dan Garuda Indonesia untuk paket-paket yang ditawarkan kepada wisatawan asal Malaysia.

Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kempar, Sumarni menambahkan, Indonesia memiliki 300-an mal dengan berbagai brand mulai brand kelas atas hingga menengah. Seluruh mal di Indonesia juga memiliki kualitas yang sangat baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru