Wonderful Indonesia jadi brand of the year Indonesia 2018

Senin, 12 Maret 2018 | 10:20 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Wonderful Indonesia jadi brand of the year Indonesia 2018

Wonderful Indonesia peroleh penghargaan Brand of The Year Indonesia 2018


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Brand yang diusung Kementerian Pariwisata, Wonderful Indonesia, dinobatkan sebagai Brand of The Year Indonesia 2018. Penghargaan Brand of The Year Indonesia 2018 diberikan Philip Kotler Center for ASEAN Marketing.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada MarkPlus dan Philip Kotler Center, yang telah memberikan penghargaan kepada Wonderful Indonesia sebagai Brand of The Year Indonesia 2018,” tutur Arief Yahya, Menteri Pariwisata, dalam keterangan resmi yang diterima KONTAN, Senin (12/3).

Arief menambahkan brand value Wonderful Indonesia memberi dampak signifikan. Salah satunya lewat pemasukan ke pariwisata Indonesia. Ia mencontohkan, pada tahun 2016 transaksi pariwisata yang diraih Indonesia sebesar Rp 6 triliun. Sedangan tahun 2017 sebesar Rp 8 triliun. "Tahun 2018 ini, kita targetkan sebesar Rp 10 triliun,” imbuhnya.

Bukan tanpa alasan Wonderful Indonesia-Pesona Indonesia (WI-PI) dipilih menjadi Brand Of the Year Indonesia 2018. Perhitungannya dikalibrasi dan dengan penilaian ketat. Melalui brand WI-PI, pariwisata menempati peringkat kedua sebagai penyumbang devisa.

"Pemberian penghargaan ini bukan hanya mengacu pada keberhasilan yang telah diraih WI-PI di dunia internasional, tapi dampak luar biasa yang berhasil disumbang, seperti tampilnya sektor pariwisata sebagai kontributor kedua perekonomian Indonesia di tahun 2017. Pencapaian seperti ini barangkali akan susah ditandingi oleh brand lain di masa depan," ujar Hermawan Kartajaya, Founder and Chairman MarkPlus Inc dan salah satu Tri-Founder Philip Kotler Center for ASEAN Marketing.

Hermawan menambahkan, sebagai salah satu sektor unggulan Indonesia, pariwisata berhasil mendatangkan 14,04 juta wisatawan mancanegara tahun 2017.

Kunjungan wisman ke Indonesia di tahun 2017 adalah suatu capaian yang acceptable. Terlebih, dipenghujung 2017 terjadi juga force majeur. Yaitu erupsi Gunung Agung di Bali. 

Walau sempat terganggu erupsi Gunung Agung, Herman menyebut, Kempar mampu menjaga brand WI-PI. Salah satunya dengan pengembangan destinasi digital di daerah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru