33 brand ini dapat penghargaan sebagai merek paling dicari

Senin, 16 April 2018 | 15:40 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
33 brand ini dapat penghargaan sebagai merek paling dicari

Para pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2018


RITEL - JAKARTA. Di era digitalisasi saat ini, digital branding sangat berperan dalam mendukung penjualan berbagai produk. Oleh karena itu, lembaga riset Tras n Co kembali menggelar penghargaan bagi merek-merek dalam negeri yang tercatat paling dicari dan diminati masyarakat.

Dari 1.000 brand lebih yang disurvei di 150 kategory, hanya 33 merek yang berhasil mendapatkan penghargaan ini.

Founder & Chairman Tras n Co Indonesia, Tri Raharjo menjelaskan dinamisnya dunia digital saat ini menuntut para pemasar digital untuk cepat beradaptasi, berbenah diri, kreatif mengolah konten dan konsisten berkomunikasi melalui sarana digital. "Jika tidak mampu melakukan hal tersebut, menurut hasil riset yang kami lakukan, popularitas mereka akan tergusur oleh merek lain. Bahkan brand multinasional sekalipun," kata Tri dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (16/4).

Sementara berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet telah mencapai 54,68% dari total populasi Indonesia yang mencapai 262 juta orang pada tahun 2017. Artinya ada 143,26 juta orang sudah melek internet.

Namun, Tri melihat mayoritas merek telah berbenah diri dan beradptasi dengan dunia digital. Artinya, digitalisasi saat ini mau tidak mau akan menjadi fokus bagi brand-brand untuk berlomba-lomba meraih kepercayaan netizen.

Sebelum menetapkan brand yang berhak mendapatkan penghargaan, Tras n Co Indonesia dan IMFocus terlebih dahulu melakukan survey terhadap 1.000 lebih brand sejak Desember 2017-Februari 2018. Survei ini murni melalui data engine pihak ketiga yang bersifat independent, credible dan accountable dengan menggunakan tiga parameter penilaian yakni Social Media Based, Website Based dan Search Engine Based.

Budi susanto, Direktur Nusaboard, salah satu pemenang penghargaan ini mengatakan, pihaknya terus fokus melakukan pengembangan media digital karena itu mempermudah mereka dalam melakukan penetrasi pasar. "Media digital ini adalah sarana yang paling mudah untuk mendekatkan kita dengan konsumen. Jadi kami akan terus fokus melakukan pengembangan branding digital," katanya.

Wilda Baktiar, Manager Marketing Tata Motor melihat media digital akan menjadi saran yang paling krusial ke depan dalam menjangkau pasar dan tidak sebagai media alternatif lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Itu sebabnya sejak hadir di Indonesia, perusahaannya sudah fokus melakukan pengembangan media digital.

Ke-33 brand peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 itu diantaranya Bank BCA (Kategori Produk Deposito, Kartu Kredit, Kartu Repaid, Call Center Bank, Internet Banking, Mobile Banking), SHARP (Kategori TV LED, AC, Mesin Cuci, Vacuum Cleaner, Mesin Fax), Tata Motors (Kategori Truck & Bus), Marcks (Kategori Bedak Muka Tabur), Salicyl (Kategori Bedak Kesehatan), NusaBoard (Kategori Atap Fiber Cement, Calcium Cilicate Board), Citicon (Kategori Bata/Beton Ringan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru