HOME | Belanja |

PAMERAN

Ada pameran UKM kerajinan Indonesia di IKEA

oleh : kompas.com | Kamis, 01 Juni 2017 | 11:44 WIB

Ada pameran UKM kerajinan Indonesia di IKEA

TANGERANG. Perusahaan Swedia yang memproduksi dan menjual berbagai perabot rumah tangga, IKEA, menggelar pameran kerajinan di tokonya di Alam Sutera. Pameran bernama Teras Indonesia ke-4, kali ini menampilkan berbagai produk kerajinan rumah tangga.

‘Teras Indonesia’ merupakan kerjasama antara IKEA Indonesia dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) guna mendorong dan memperkenalkan konsumen terhadap produksi kerajinan UKM. Dalam kerjasama ini, IKEA menyediakan tempat khusus bagi sejumlah UKM binaan YDBA.  Sepanjang 2017, Teras Indonesia akan digunakan untuk melakukan kegiatan pameran ataupun berjualan pada akhir pekan pertama setiap bulannya.

Pameran ‘Teras Indonesia’ ke-empat ini diselenggarakan pada tanggal 1- 4  Juni 2017, dengan mengangkat tiga 3 UKM binaan YDBA yaitu KARieNiNA Art, YEN Collection dan Hanuman Craft.

KARieNiNA merupakan UKM yang mengkhususkan diri dalam produksi batik dengan desain yang unik dan modern.  Prosesnya menggunakan batik cap, batik tulis, maupun batik kombinasi antara cap dan tulis, di atas kain katun dan sutera.

Produknya meliputi keperluan busana pria berupa kemeja, serta busana wanita seperti kebaya, blus, dan dress, serta busana sarimbit kembaran Bapak dan Ibu.

Koleksi yang dihadirkan juga mencakup kain setelan sarung dan selendang, selendang, scar, shawl, hingga batik untuk perlengkapan rumah tangga seperti taplak, loper, alas piring, serbet, dan lain-lain.

Sementara YEN Collection hadir dengan aneka kerajinan dari bahan kawat yang unik seperti walldecor, aneka  kap lampu, tudung saji, tempat minum, tatakan piring, tempat tissue, dan lain-lain.

HANUMAN Craft menghadirkan beragam produk khas Nusa Tenggara Barat (NTB) seperti kerajinan gerabah, kayu kombinasi, anyaman rotan dan anyaman ketak dengan produk-produk menarik seperti tas, tatakan piring, keranjang.

IKEA sendiri didirikan oleh Ingvar Kamprad di Smaland, Swedia bagian selatan pada tahun 1943, saat ia berusia 17 tahun. Nama perusahaan ini merupakan singkatan dari inisial namanya, IK, E kependekan dari Elmtaryd, nama peternakan dimana ia tumbuh, dan A kependekan dari Agunnaryd tempat dimana peternakan itu berada. (Wisnubrata)

Sumber Kompas.com