Ada perayaan lagi di Jogja akhir pekan ini

Selasa, 02 Februari 2016 | 11:50 WIB Sumber: TribunNews.com
Ada perayaan lagi di Jogja akhir pekan ini


Yogyakarta. Akhir pekan nanti, bisa jadi weekend yang panjang, mulai dari 6-8 Februari 2015 karena ada hari libur perayaan Imlek.

Wisata ke Jogja bisa jadi pilihan karena bakal ada yang yang spesial.

Di Jogja, bakal ada pentas kesenian di Kagungan Dalem Alun-alun Sewandanan Pakualaman, Yogyakarta mulai pukul 12.30 WIB sampai selesai Sabtu (6/2/2016).

Acara ini merupakan perayaan satu bulan pascapenobatan KGPAA Paku Alam X.

Ketua panitia Widihasto memaparkan, pentas mangayubagya jumenengan Paku Alam X terdiri atas lima sesi acara.

Pertama menampilkan pertunjukan tradisi yaitu Sendratari Kolosal Reyog Wayang dari Karang Taruna “Tunas Karang Kemuning” Brosot Galur Kulonprogo.

Lalu dilajutkan dengan Reyog Prajuritan “Tresno Budoyo” dari Tanjungsari Gunungkidul yang merupakan juara pertama Festival Reyog Gunungkidul tahun 2015 juga.

Selanjutnya adalah Jathilan Putra-Putri “Arum Sari” dari Pedes Argomulyo Sedayu Bantul yang merupakan kelompok Jathilan yang pernah menjuarai Festival Jathilan tingkat propinsi DIY tahun 2011.

Sedangkan Malam harinya mulai pukul 19.00 W.IB ada sesi keempat gelar kesenian macapat dari Pawiyatan Macapat Sestramardawa Kadipaten Pakualaman serta kesenian spontanitas warga.

Selanjutnya sebagai puncak acara sesi kelima dilaksanakan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk bersama Dalang Ki Simun Cermojoyo dengan lakon Semar Bangun Khayangan.

"Keseluruhan rangkaian acara berlangsung terbuka untuk masyarakat dan gratis, sebagai ungkapan rasa syukur rakyat Yogyakarta atas terlaksananya dengan lancar tata rakit prosesi Jumeneng Dalem PA X serta pengejawantahan tagline Pakualaman sebagai Pengemban Kebudayaan," jelas Hasto.

(Khaerur Reza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru