HOME | Jasa & Transportasi |

PENERBANGAN

Air Asia X terbangi rute Kuala Lumpur-Wuhan

oleh : RR Putri Werdiningsih | Senin, 16 Januari 2017 | 16:35 WIB

Air Asia X terbangi rute Kuala Lumpur-Wuhan

JAKARTA. Maskapai Air Asia X Berhad menambah rute baru yang dioperasikannya. Mulai 22 Maret mendatang maskapai penerbangan jarak jauh itu akan mengoperasikan rute Kuala Lumpur - Wuhan, Tiongkok. Rute anyar tersebut rencana akan dioperasikan menggunakan pesawat berbadan lebar A330-300.

“Wuhan akan segera menjadi hubvirtual untuk Grup AirAsia dan AirAsia X, karena kota ini akan melayani 32 penerbangan per minggu dari Kuala Lumpur, Kota Kinabalau, Bangkok dan Phuket.” ujar Benyamin Ismai, CEO Air Asia X Berhad dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/1).

Menurutnya selama ini Tiongkok adalah segmen yang terus mencatatkan peningkatan performa yang menjanjikan. Air Asia sendiri berjanji akan terus fokus mengembangkan jaringan di negeri tirai bambu tersebut.

Sementara itu, Iwan Kamaruddin, Direktur Niaga Air Asia Indonesia mengatakan pembukaan rute Kuala Lumpur - Wuhan ini berpeluang menambah akses wisatawan Tiongkok untuk menjelajahi destinasi wisata di Indonesia. Hal itu juga semakin sejalan dengan rencana pemerintah RI untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan asal Tiongkok.

“Melalui layanan Fly-Thru, AirAsia akan menghubungkan penumpang dari Wuhan ke tujuh kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Semarang, Denpasar dan Medan, melalui hub Kuala Lumpur,” papar Iwan.

Rute Kuala Lumpur - Wuhan rencananya akan dioperasikan 4 kali seminggu menggunakan pesawat Airbus A330-300 berkapasitas 377 kursi. Demi memperkenalkan rute baru ini, Air Asia X menawarkan harga spesial mulai Rp 1.014.00 untuk sekali perjalanan. Harga promo ini bisa dipesan mulai 22 Januari dengan periode perjalanan 22 Maret - 28 Oktober 2017.

Asal tahu saja, Air Asia Berhad saat ini sudah mengoperasikan penerbangan harian ke Wuhan dari Kota Kinabalu. Sedangkan Thai Air Asia mengoperasikan dua kali penerbangan setiap harinya dari Bangkok dan juga penerbangan setiap hari dari Phuket ke Wuhan. Jadi, jumlah penerbangan mingguan ke Wuhan saat ini berjumlah 28.