Alasan baking soda ampuh bersihkan noda

Kamis, 20 Oktober 2016 | 13:30 WIB Sumber: rumahku.com
Alasan baking soda ampuh bersihkan noda


JAKARTA. Baking soda kerap digunakan sebagai bahan yang ampuh untuk membersihkan kotoran dan peralatan rumah tangga. Kotoran bisa hilang dengan sekejap dengan sejumput baking soda. Bahkan baking soda pun digunakan untuk membersihkan gigi. Apa yang menjadikannya demikian?

Baking soda atau dikenal dengan Natrium Bikarbonat adalah senyawa netral yang tercipta dari ion positif (katio) dan ion negatif (anion). Meski tergolong netral, nyatanya baking soda memiliki tingkat keasaman yang tinggi dibandingkan senyawa netral lainnya. Baking soda memiliki pH di atas 7. 

Baking soda memiliki sifat abrasif yang bisa menghilangkan kotoran dan partikel kotoran yang melekat di peralatan-peralatan rumah tangga. Namun baking soda pun bisa kurang reaktif terhadap asam dan bahkan tidak mampu menetralkan udara. Itulah mengapa baking soda perlu diganti secara teratur. 

Baking soda dapat digunakan dengan cuka. Reaksi asam dan basa yang dihasilkan keduanya bisa sangat ampuh mengusir kotoran tanpa jejak.
Jika ingin menggunakan baking soda, pastikan Anda meletakkannya di tempat-tempat yang tepat. Menghalau aroma tak sedap di dapur atau sekadar menghilangkan kotoran di microwave dan memutihkan sepatu kotor, bisa menjadi tempat terbaik untuk memberdayakan baking soda.  
 
(sumber : Rumahku.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru