Antisipasi cuaca ekstrem, Gunung Gede Pangrango tutup sebulan

Jumat, 25 Desember 2020 | 16:56 WIB Sumber: Kompas.com
Antisipasi cuaca ekstrem, Gunung Gede Pangrango tutup sebulan


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kembali menutup kegiatan pendakian mulai 28 Desember 2020 – 31 Januari 2021. Berdasarkan keterangan dalam situs resmi TNGGP, penutupan sementara berdasarkan Surat Edaran 1483/BBTNGGP/Tek.P2/12/2020 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Pendakian. 

“Dalam rangka mengantisipasi cuaca yang ekstrim dan untuk pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian TNGGP, maka Balai Besar TNGGP (BBTNGGP) menyatakan kegiatan pendakian di TNGGP ditutup sementara untuk umum,” seperti tertera dalam SE yang ditanda tangani Kepala BBTNGGP Wahju Rudianto. 

Apabila pada 1 Februari cuaca masih buruk berdasarkan prakiraan BMKG, penutupan akan diperpanjang hingga pendakian dirasa aman untuk dilakukan kembali. 

Baca Juga: Perhatian! Pendaki Gunung Slamet dari luar Jateng wajib rapid test antigen

TNGGP menegaskan, calon pendaki yang sudah melakukan pembayaran melalui proses pemesanan daring pada tanggal tersebut—jika masih ditutup—mereka diminta untuk menjadwal ulang pendakian. 

Kenapa hanya ditutup satu bulan? 
Berdasarkan unggahan dalam Instagram @tn_gedepangrango, Rabu (23/12), seorang pengguna Instagram @syamsudinidong mengatakan, biasanya TNGGP tutup selama tiga bulan setiap awal tahun.   

Menanggapi hal tersebut, akun Instagram resmi TNGGP mengatakan, sebelumnya pihak mereka sudah menutup kawasan untuk waktu yang lama akibat pandemi Covid-19 dan beberapa hal. “Berdasarkan pengamatan petugas lapangan dapat dilakukan 1 bulan untuk pemulihan ekosistem saat ini,” tutur @tn_gedepangrango di kolom komentar. 

Dia melanjutkan, tahun sebelumnya pembukaan dimulai pada April, ditutup pada pertengahan Agustus, dan dilanjutkan pada Januari. “Sepanjang tahun 2020 hanya beberapa bulan di buka dan saat ini juga masih melihat bagaimana perkiraan dari BMKG, jika terjadi cuaca ekstrem maka penutupan akan d perpanjang..” sambungnya. 

Baca Juga: Gara-gara syarat antigen, okupansi hotel di Yogyakarta anjlok tinggal 5%

Jika ingin melakukan pendakian sebelum tanggal penutupan, calon pendaki wajib daftar di situs http://www.gedepangrango.org/booking/. Dalam situs resmi TNGGP pun terdapat beberapa aturan yang wajib diperhatikan oleh calon pendaki, salah satunya adalah pendakian hanya boleh dilakukan dua hari dan satu malam saja. 

Untuk informasi lebih lanjut, calon pendaki dapat menghubungi (0263) 519415, Facebook bookingtnggp, Instagram @tn_pendakiangedepangrango, email booking@gedepangrango.org, atau chat WhatsApp 0263519415. (Nabilla Ramadhian)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Gede Pangrango Tutup Sebulan, Antisipasi Cuaca Ekstrem"

Selanjutnya: Ini jadwal operasi Taman Impian Jaya Ancol selama libur Nataru 2020

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru