Artis senior Ade Irawan meninggal, Dewi Irawan: Ibu bilang sudah ditunggu Ria Irawan

Sabtu, 18 Januari 2020 | 06:42 WIB   Reporter: kompas.com
Artis senior Ade Irawan meninggal, Dewi Irawan: Ibu bilang sudah ditunggu Ria Irawan

Ade Irawan


TOKOH - Dunia hiburan Indonesia kembali berduka. Artis senior Ade Irawan meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat (17/1). 

Pemilik nama asli Arzia Dahar ini mengembuskan napas terakhir pada pukul 14.22 WIB. Ade Irawan meninggal karena komplikasi jantung dan paru-paru. 

Dengan terisak, Dewi Irawan, anak Ade Irawan, mengatakan, almarhumah ibunya yang lahir di Jakarta, 5 April 1937, sempat menyampaikan kata-kata terakhir sebelum berpulang. 

Baca Juga: 11 hari pasca Ria Irawan tutup usia, Ade Irawan meninggal dunia

"Dia (Ade Irawan) bilang sudah ditungguin Ria Irawan (anak Ade Irawan)," ucap Dewi. "Ibu bilang jangan lama-lama, Ria Irawan kasihan sudah nungguin," tambah Dewi. 

Informasi saja, Ria Irawan juga baru saja berpulang pada 6 Januari 2020. Ria Irawan mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, akibat kanker getah bening.

Sosok Ade Irawan yang pada 2019 meraih Piala Citra untuk kategori Lifetime Achievement ini memang sudah melekat kuat di dunia seni peran tanah air. Menikah dengan aktor dan sutradara Bambang Irawan, pasangan ini cukup mencuri perhatian saat itu. 

Baca Juga: Ria Irawan berpulang, meninggalkan sederet prestasi dan cerita hidupnya

Lingkungan film seperti sudah mendarah daging pada mereka, bahkan darah seni juga mengalir pada tiga diantara lima anak mereka, salah satunya artis Ria Irawan. 

Ade mengawali kariernya di dunia seni peran sebagai figuran dalam film berjudul Diambang Fadjar (1964). Kemudian, mulai menjadi pemeran utama sejak membintangi film Tjinta Di Udjung Tahun (1965). 

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru