Bagaimana nasib Liga Inggris pasca Brexit?

Sabtu, 01 Februari 2020 | 21:03 WIB   Reporter: Lamgiat Siringoringo
Bagaimana nasib Liga Inggris pasca Brexit?

ILUSTRASI. Sepak Bola - Liga Premier - Liverpool v Manchester United - Anfield, Liverpool, Inggris - 19 Januari 2020 Liverpool Mohamed Salah merayakan gol kedua mereka dengan Virgil van Dijk


KEMELUT BREXIT -  LONDON. Inggris akhirnya menuntaskan drama Brexit setelah tiga tahun lebih bergelut dengan persoalan ini. Inggris resmi keluar dari Uni Eropa (UE) Jumat (31/1) waktu setempat.

Walau warga Inggris bersuka cita menyambut Brexit, sejatinya persoalan sebenarnya baru saja dimulai. Bayangkan saja, Inggris harus memutus hubungan ekonomi, politik, dan hukum yang mereka sudah jalankan bersama dengan UE sejak tahun 1973.

Banyak hal yang harus segera dibenahi untuk menyelaraskan perubahan sistem pasca Brexit.

Baca Juga: Mola TV mengaku sudah lama membeli hak siar Piala Eropa 2020

Nah, salah satu yang cukup membesut perhatian adalah soal kompetisi sepakbola Liga Inggris. Ada beberapa aturan yang harus segera dijalankan oleh klub Liga Inggris. Klub Inggris tak bisa lagi merekrut pemain di bawah umur 18 tahun yang ada di kawasan Eropa.

FIFA memang melarang klub membeli pemain di bawah umur 18 tahun. Regulator menganggap itu sebagai ekspoitasi. Namun FIFA memberikan pengecualian untuk seluruh anggota klub Eropa.

Kini Inggris sudah keluar, "(Aturan membeli pemain di bawah umur 18 tahun) tetap berlaku sampai periode transisi berakhir, pada 31 Desember 2020," ujar juru bicara FIFA kepada Sky Sports News, Jumat (31/1).

Baca Juga: Ini hitung-hitungannya agar Liverpool menjadi juara liga Inggris

Mulai 2021, Klub Inggris pun harus melupakan mimpi mendapatkan talenta berbakat dari daratan Eropa. Tak ada lagi Paul Pogba pemain warga negara Prancis yang dibeli dari klub Le Havre oleh Manchester United saat masih berumur 16 tahun.

Atau Cesc Fabregas, anak muda Spanyol yang diboyong oleh Arsenal juga saat masih di bawah umur.

Lalu pertanyaannya, apakah Inggris Raya memiliki talenta muda yang siap merumput di kancah internasional? Football Association (FA) sendiri cukup percaya diri dengan Brexit dan menyiapkan skenario mengandalkan pemain asal Inggris raya dalam berkompetisi di lokal maupun internasional.

Baca Juga: Nama baik tercoreng, Helmy Yahya bakal gugat Dewas TVRI

FA sudah menyiapkan aturan dalam sebuah pedoman 33 halaman berjudul "Access to Talent Discussion Deck". FA sebagai asosiasi tertinggi di Inggris menginginkan pemain negaranya akan mendominasi di klub.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru