HOME | Otomotif |

IIMS

Banyak kejutan menanti di IIMS 2017

oleh : Dadan M. Ramdan | Kamis, 13 April 2017 | 21:51 WIB

Banyak kejutan menanti di IIMS 2017

JAKARTA. Saat ini, tinggal dua pekan lagi menjelang pelaksanaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. PT Dyandra Promosindo, selaku penyelenggara telah memastikan kesiapannya untuk menggelar IIMS 2017 pada 27 April hingga 7 Mei 2017 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta.

Para peserta IIMS 2017, mulai dari agen pemegang merek (APM), industri komponen aftermarket otomotif dan peserta lainnya juga telah memastikan kesiapannya untuk menampilkan produk-produk terbaik mereka di pameran otomotif tahunan terbesar tanah air. Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh mengatakan, persiapan pelaksanaan IIMS 2017 telah hampir mencapai 100%. “Saat ini, booth space yang disewakan sudah sold out,” katanya kepada KONTAN, Rabu (12/4).

Dari jumlah kepesertaan brand yang ikut IIMS 2017, Kohen, biasa disapa bilang, mengalami penambahan dibanding tahun lalu. Secara total, IIMS  2017 diikuti 30 peserta. Adapun merek kendaraan roda empat yang telah memastikan keikutsertaannya adalah: Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, Mercedez-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata, Toyota dan Volkswagen.

Perihal target transaksi penjualan, Dyandra memasang angka realistis. Kohen menyebutkan di kisaran Rp 3,1 triliun, atau naik 3% dari tahun lalu. Untuk target pengunjung penyelenggara memperkirakan sekitar 450.000 orang. “Harapan utama kami adalah kepuasan dari seluruh stakeholder yang terlibat di IIMS 2017,” ujar Kohen.

Kepala Divisi Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy pun berharap sama  agar ajang ini bisa menyajikan best product and best service Toyota kepada konsumen. “Toyota tidak memasang target penjualan selama IIMS berlangsung,” akunya. Namun pihaknya akan memberikan harga promo menarik untuk model-model kendaraan tertentu. “Fokus utamanya adalah brand building, jadi tidak ada target penjualan khusus,” tutur Anton.

Mobil anyar
Bagi APM, IIMS menjadi momen penting untuk memperkenalkan produk baru selain lebih mendekatkan diri kepada konsumen. Itu sebabya, Anton menuturkan, TAM sudah menyiapkan sejumlah mobil yang akan dipamerkan selama IIMS 2017. “Kira-kira ada 20 mobil,” ungkapnya. Public Relation Manager PT TAM Rouli Sijabat menambahkan, menjelang IIMS TAM menyelenggarakan pra-IIMS Toyota pada Kamis (13/4). Pada kesempatan ini, Toyota memperkenalkan mobil-mobil yang akan diboyong pada acara puncak IIMS 2017 di JIExpo.

Ke-20 produk itu antara lain Agya terbaru, Yaris TRD, Yaris Heykers, Calya, Sienta, Veloz, Innova, Rush Ultimo, Fortuner, Venturer, Hilux, Alphard hybrid, dan Camry Hybrid. Bintang lain selain Agya ada lima lagi. “Sedang dipersiapkan banyak kejutan,” janji Rouli. Rencananya, mobil-mobil tersebut dipamerkan di zona-zona yang berbeda. Ada empat zona yang diusung TAM yaitu, active zone, modern family zone, adventurous, dan hybrid. Namun TAM tidak akan membawa mobil konsep pada gelaran IIMS nanti. Yang pasti, di IIMS kali ini Toyota membuat program yang tidak didapatkan di diler-diler.

Honda Prospect Motor (HPM)  juga siap memeriahkan IIMS dengan kekuatan penuh. Marketing & After Sales Service Director HPM Jonfis Fandy mengklaim  semua line up Honda ada di IIMS. “Juga ada program penjualan yang menarik,” terangnya.

Selain memajang 28 unit display mobil, Honda memastikan bakal membawa mobil baru di IIMS 2017 nanti. Kendati tidak merinci secara detail, Honda kemungkinan besar akan menghadirkan Honda CR-V baru atau Honda Civic Hatchback. Kedua kendaraan roda empat itu sebelumnya sudah meluncur secara resmi di Thailand, beberapa waktu lalu. Sejatinya, bocoran informasi terkait dua mobil ini sudah terkuak dari beredarnya informasi pemesan CR-V di dunia maya oleh tenaga penjual Honda.

Tak mau kalah pamor,  APM Mazda di Indonesia PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) bakal turut serta meramaikan IIMS 2017. Head Public Relations EMI Fedy Dwi Parileksono menyatakan, semua persiapan untuk hajatan otomotif ini berjalan lancar. “Untuk unit yang akan ditampilkan masih dalam diskusi,” ujarnya. Fedy beralasan, pihaknya perlu mempertimbangkan lebih matang karena luas booth pameran yang disewa tidak begitu luas hanya 200 meter persegi (m2). Sehingga, mobil yang akan dipajang hanya sekitar empat unit. “Mengenai, model apa saja yang akan dipamerkan juga masih dalam diskusi,” akunya.

Namun Fedy sedikit memberikan bocoran, yakni mobil-mobil baru andalan Mazda yang telah dirilis di Grand Ballroom, Hotel Kempinski, Jakarta, pertengahan Maret lalu. “Kemarin yang display di Kempinski, kan, baru semua tuh,” tukasnya.

Sebelumnya, EMI memperkenalkan sembilan mobil baru. Dari sembilan mobil yang ditampilkan, lima diantaranya adalah produk baru yang belum pernah diluncurkan di tanah air sebelumnya. Seperti Mazda MX-5, Mazda3, Mazda CX-3, Mazda CX-5, Mazda5, dan Mazda6 Estate. Di luar mobil mobil anyar, IIMS 2017 dihiasi dengan tunggangan roda dua dari sejumlah produsen ternama, misalnya  Aprilia, BMW Motorrad, Honda, Kawasaki, Kymco, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Vespa dan Yamaha.

BMW Group Indonesia menjanjikan akan meluncurkan banyak produk baru pada IIMS 2017. Namun, BMW Group Indonesia masih tertutup soal model apa yang akan diluncurkan nanti. Untuk 2017, BMW Group Indonesia rencananya akan meluncurkan tujuh produk baru, terdiri dari lima untuk BMW dan dua untuk MINI. Sementara untuk BMW, seri 5 terbaru (G30) justru disebut baru akan meluncur beberapa saat setelah IIMS.

Adalah MINI Cooper Countryman bakal secara resmi melenggang di Indonesia melalui gelaran IIMS 2017. Mobil seharga Rp 660 juta ini akan memiiki dua varian, yaitu varian standard an MINI Cooper S Countryman. MINI Cooper Countryman dapat diisi hingga lima penumpang. Kapasitas bagasinya lebih luas. Kabinnya juga lebih nyaman dengan dimensi mobil yang besar karena adanya tambahan panjang 20 cm dan lebar 3 cm dibanding rilisan sebelumnya. Jarak sumbu rodanya ditambah 7,5 cm.

Adapun industri komponen otomotif yang turut berpartisipasi dalam IIMS tahun ini adalah Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI). Mereka telah memastikan akan membuat PAHAMI Village dengan menempati lebih dari setengah Hall C3 JIExpo untuk mengakomodir para anggotanya. Kohen menambahkan, di PAHAMI Village ini, para pengunjung IIMS 2017 akan disuguhkan suasana yang nyaman untuk mencari aksesoris kendaraan bermotor. “Konsumen yang datang ke IIMS dapat mencari semua kebutuhan aftermarket kendaraannya dalam satu area yang telah dibuat oleh PAHAMI dengan nyaman dan lengkap,”  paparnya.

Kehadiran sepeda motor, asesoris kendaraan bermotor, dan elemen pendukung lainnya dengan dalam IIMS 2017 pada dasarnya sebagai upaya dari penyelenggara untuk mengembalikan ruh motor show yang sesungguhnya. Atas dasar itu, Kohen mengklaim, penyelenggaraan IIMS 2017 mendekati kesempurnaan selama 25 tahun penyelenggaraan motor show. “Kalau sampai sempura, tidak mungkin, ya. Tapi kami sebagai perusahaan jasa pameran ingin menempatkan semua elemen otomotif adalah sejajar,” tandasnya.