Becak listrik berhasil dibesut Ricky Elson

Rabu, 21 Mei 2014 | 13:15 WIB   Reporter: Asnil Bambani Amri
Becak listrik berhasil dibesut Ricky Elson

ILUSTRASI. Ada beberapa hal yang sebaiknya mulai dihindari jika ingin segera mengakhiri masa jomblo dan ingin mendapatkan pasangan.


JAKARTA. Becak dengan bantuan tenaga listrik berhasil dikembangkan oleh Ricky Elson, salah satu tim yang diberi julukan Putra Petir oleh Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dalam akun Facebooknya, Ricky Elson bilang, becak dengan bantuan tenaga listrik itu menggunakan teknologi motor listrik yang dikembangkannya sendiri. Sebelum digunakan untuk becak, Ricky sudah membuat dan merakit sepeda dengan bantuan tenaga listrik.

"Dengan motor listrik penggerak yang saya desain dan kembangkan sejak 2009 di Jepang," kata pria lama bekerja di i NIDEC Coorporation, perusahaan baterai listrik yang berpusat di Kyoto, Jepang.

Perlu diketahui saja, Ricky merupakan pencipta dari mobil listrik Selo dan Gendhis yang beberapa waktu lalu diperkenalkan Dahlan Iskan.

Dalam mengembangkan becak bertenaga listrik tersebut, Ricky memadukan antara tenaga dayung dengan tenaga listrik. "Ada bantuan tenaga dorong dari motor listrik yang ditaruh di roda belakang," jelas Ricky yang menggarap becak itu di Ciheras, Jawa Barat.

Dalam penjelasannya, becak berteknologi listrik itu tidak memakan biaya besar. Adanya penambahan teknologi listrik pada becak itu cukup dengan investasi Rp 2,5 juta saja. Dana tersebut digunakan untuk membeli batrai dan juga modifikasi pada proses dayung dengan menggunakan torque sensor.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri

Terbaru