HOME | Kedai |

0

Belajar saham sambil ngopi di Bearxbull Cafe

oleh : Sinar Putri S.Utami | Sabtu, 17 Juni 2017 | 14:20 WIB

Belajar saham sambil ngopi di Bearxbull Cafe

JAKARTA. Anda pecinta kopi dan ingin belajar saham? Datang saja ke Bearxbull cafe. Ini merupakan kafe berkonsep saham pertama yang pernah ada di Indonesia.

Konsep tersebut akan Anda dapat hanya melihat dari tampilan luar cafe. Sebab, ada running text mengenai kondisi saham yang mengelilingi cafe.

Salah satu pemilik Bearxbull Cafe Diah Amini mengatakan, dirinya dan tiga pemilik lainnya memang sengaja membuat kafe bertema saham yang belum pernah ada sebelumnya.

"Saya ingin mengubah investasi saham yang terkesan eksklusif dan mahal menjadi investasi yang bisa dilakukan oleh semua kalangan masyarakat," kata dia kepada KONTAN, saat mendatangani Bearxbull Cafe beberapa waktu lalu.

Apalagi saat ini, lanjut Diah, OJK dan BEI telah merubah regulasinya sehingga memudahkan masyarakat Indonesia untuk berinvestasi dengan menabung saham.

Ia juga bercerita, Bearxbull Cafe sebetulnya sudah dipikirkan sejak 2007 silam. Apalagi, Diah yang berlatarbelakang trader dan bekerja di salah satu perusahaan sekuritas, menginginkan tempat sharing dengan nasabah soal saham.

"Biasanya kami melakuannya di kantor, kalaupun di kafe pasti di tempat yang mahal. Makanya itu seru juga ya, kalau ada tempat yang spesifik untuk bebas bicara soal saham, apalagi saat ini saham sudah dianggap sebagai lifestyle," tuturnya.

Akhirnya, hal itu terwujud pada Mei 2017 seiring dengan dilakukannya soft opening Bearxbull cafe. Nama Bearxbull pun tidak sembarangan dipilih. Nama yang diambil dari istilah pasar bearish dan bullish ini memiliki filosofinya tersendiri bagi Diah.

Menurutnya, kata bear yang menggambarkan kondisi pasar saham yang sedang turun, cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi. Sebab, seorang calon investor wajib mengetahui resikonya terlebih dahulu dalam setiap investasi.

Sekalipun investasi tersebut dapat mendulang keuntungan (bull) yang besar. "Risiko tetap harus dibicarakan di depan," tambahnya. Maka dari itu, pihaknya menyediakan seorang konsultan di Bearxbull untuk sharing soal saham.

Ya, di Bearxbull cafe sangat dimugkinkan bagi Anda belajar mengenal saham. Cafe yang bermitra dengan Bahana Sekuritas ini menyediakan RTI, galeri, dan ruang konsultasi khusus yang diperuntukan gratis bagi pengunjung.

Kopi yang menjadi andalan

Ditambah suasana kafe yang terkesan intens dan nyaman, dijamin membuat Anda merasa betah untuk duduk di dalamnya. Keunikan kafe ini juga terletak pada bagian menu. Bearxbull menamainya dengan istilah-istilah saham seperti LQ45, blue chip, bid or offer, dan stock margin.

Tapi kalau bicara andalannya, Bearxbull cafe menawarkan kopi khusus. Maka tak heran, saat memasuki cafe, Anda akan menghirup aroma kopi yang sangat khas.

Diah menjelaskan, saat memilih menu kopi, dirinya menggunakan konsultan khusus untuk mengetahui kopi yang enak serta cara meraciknya yang tepat. Maka tak heran, Bearxbull memiliki kopi khusus dengan biji kopi yang dinamai Bearxbull bean yang tak bisa didapati di tempat lain.

Tak hanya itu, Bearxbull juga menyediakan kopi asal Indonesia seperti Bali Kintamani, Gayo, Toraja, dan Papua. "Kami tidak ingin kopinya menjadi second liner, tapi yang diinginkan baik kopi dan cafenya berjalan beriringan," katanya.

Untuk makanan, Beraxbull menyediakan makanan yang tidak terlalu berat seperti croissant dan nasi bakar yang dijamin enak.

Cafe ini berlokasi di Best Western Premier The Hive, Cawang, Jakarta Timur dengan jam buka Senin-Sabtu (tanggal merah libur) 08.00-22.00 WIB.