Belanja
PAKET BUKA PUASA
Berbuka puasa di tempat istimewa
oleh : Tedy Gumilar, Dessy Rosalina | Rabu, 25 Juli 2012 | 10:33 WIB
artikel dibaca sebanyak 5576 kali
0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 5576 kali
Salin Tulisan
Berbuka puasa di tempat istimewa

Tidak cuma bermakna spiritual, bulan suci Ramadan juga menjadi momentum untuk mempererat hubungan sosial. Maka, lazim bila masyarakat kita mengadakan acara berbuka puasa bersama dengan keluarga, teman, kerabat, atau relasi bisnis.

Tidak cuma di rumah, acara ini justru lebih kerap berlokasi di restoran atau tempat makan nan istimewa. Menyambung tali silaturahmi menjadi salah satu alasannya. Dus, tak begitu jadi soal jika harus merogoh kocek lebih dalam ketimbang hari biasa.

Gayung pun bersambut. Para pengelola restoran, kafe, atau tempat makan lainnya meracik aneka program spesial Ramadan. Bentuknya macam-macam, mulai dari diskon harga, voucher, hingga tambahan menu istimewa. Nilai program yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari yang hanya menghabiskan puluhan atau ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per paket.

Nah, meski uang mungkin tidak menjadi masalah, tidak ada salahnya jika Anda lebih jeli menyimak program-program promosi spesial Ramadan tersebut. Tujuannya tentu saja agar Anda dapat sedikit berhemat tanpa harus kehilangan momentum istimewa berbuka bersama dengan keluarga, teman, atau relasi bisnis.

Pada saat seperti ini, memiliki kartu kredit juga lebih terasa manfaatnya. Sebab, banyak restoran dan tempat makan, bekerja sama dengan penerbit kartu kredit tertentu, memberikan diskon harga yang lumayan menghemat pengeluaran.

Tanpa bermaksud merekomendasikan, berikut beberapa restoran dan tempat makan yang menyediakan paket khusus selama bulan puasa ini.

Carlo de Huts

Jika ingin berbuka puasa dengan makanan eropa nan unik, silakan datang ke Carlo de Huts. Sepanjang bulan Ramadan ini, restoran yang terletak di Senayan City ini memberikan diskon sebesar 30% untuk setiap pembelian. “Diskon hanya berlaku bagi pemegang kartu kredit Bank Pertama dan khusus untuk pembelian makanan,” ujar Tinna Widjaja, General Manager Carlo de Huts.

Persyaratan lainnya, belanja makanan minimal Rp 200.000 dan maksimal Rp 1,5 juta.

Keistimewaan Carlo de Huts, resto ini menyajikan menu-menu ala Benua Biru yang jarang dijumpai di tempat makan lain di Indonesia. Ambil contoh, cheesy kumpir cheese sauce. Kumpir adalah kentang panggang yang populer bagi masyarakat Jerman. Cheesy kumpir cheese sauce adalah potongan kentang utuh dengan ukuran jumbo yang di atasnya bertabur potongan daging ayam, daging sapi, dan salad.

Di bulan puasa ini, Carlo de Huts juga menyediakan menu andalan, yakni Dutch Baby. Ini adalah menu paling anyar yang diluncurkan Carlo de Huts pada awal Januari lalu. Dutch Baby merupakan panekuk yang dipanggang. Panekuk asli Eropa ini tengah digemari oleh masyarakat Amerika. Menu Dutch Baby dibanderol Rp 49.500 - 63.500 per porsi.

Selain kumpir dan Dutch Baby, Carlo de Huts menawarkana aneka makanan lain, seperti pizza, steak, dan iga. “Selama bulan puasa, kami memberikan tajil gratis di sore hari dan secangkir kopi gratis jika lunch,” imbuh Tinna.

Carlo de Huts juga menawarkan suasana yang santai. Interior Carlo de Huts mengadopsi rumah pedesaan di Eropa.

Convivium Cafe Deli

Convivium Cafe Deli juga bisa menjadi pilihan berbuka puasa dengan santai. Kafe yang menyuguhkan makanan home made khas Italia ini kebetulan mengeluarkan menu khusus dalam rangka bulan Ramadan.

Manajer Convivium Cafe Deli Steven Tanuwinata menjelaskan, pihaknya bakal menyajikan menu baru bertajuk chocolate caramel dates. Ini adalah cake berbahan dasar kurma. Seperti namanya, kue racikan Convivium ini menawarkan sensasi manis dari perpaduan kurma dan karamel. “Ini cocok untuk menu pembuka puasa,” ujar Steven berpromosi.

Selain chocolate caramel dates, Convivium Cafe Deli tengah meracik satu jenis kue baru lagi di bulan suci ini. Kue baru tersebut menawarkan cita rasa buah berry. Sayang, Steven masih enggan bercerita banyak soal menu kue baru ini.

Untuk menu utama, Convivium tetap mengandalkan aneka makanan khas Italia, yakni pasta dan pizza. Prosciutto Curdo adalah menu pizza andalan. Jika menyukai pasta, Anda bisa mencicipi Risotto Chitarra Al Nero di Seppia. Ini adalah risotto seafood berwarna hitam yang menggunakan tinta cumi-cumi.

Oh, ya, kafe ini juga terkenal di kalangan pecinta rainbow cake di Jakarta. Jadi, sempatkan menjajal kue ini.

Sambil menikmati menu Convivium, kafe di bilangan Kebayoran Baru ini menciptakan suasan homey lewat interior yang didominasi perlengkapan dapur dan rumahtangga.

Harga makanan di sini, cukup ramah di kantong, yakni berkisar Rp 30.000 - Rp 200.000.

A Tavola Italian Gourmet & Resto

Restoran khas Italia yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan, ini menggelar dua paket Ramadan. Pertama, paket Pasta senilai Rp 30.000. Ada empat pilihan pasta, yakni spaghetti aglio olio, penne al pesto, ravioli spinach, dan spaghetti bollognese.

Paket kedua adalah riso seharga Rp 35.000. Ada dua pilihan menu di paket ini, yakni Riso Pomodoro Con Funghi dan Riso ai Funghi. Riso dalam bahasa Italia berarti nasi atau beras; sedangkan funghi adalah jamur.

Selain itu, A Tavola menyuguhkan hidangan penutup spesial, yakni Bruschetta con frutti e dattero. Ini adalah roti khas Italia. Bruschetta disajikan dengan campuran buah dan kurma. Ada juga menu Pannacotta e Dattero, yaitu es krim puding khas Italia yang bertabur saos kurma. Tak cuma itu, A Tavola juga memberikan gratis tajil.

Harap dicatat, A Tavola beroperasi mulai dari jam 11 siang hingga jam 11 malam. Di akhir pekan, restoran mungil yang kental dengan suasana rumah khas Italia ini buka hingga jam 1 pagi. “Rentang harga makanan dan minuman sekitar Rp 10.000 sampai Rp 95.000,” ujar Donny Dewanto, Manajer A Tavola.

The Harmony Restaurant

Restoran yang terletak di Hotel Santika Premier Jakarta ini memberikan penawaran khusus bagi pengunjung selama bulan Ramadan ini. Restoran yang dulu bernama Cafe Teluk Jakarta ini menyediakan paket buffet spesial seharga Rp 140.000 ++/orang.

Paket makan sepuasnya ini boleh jadi cocok bagi Anda yang berniat mengajak serta buah hati tercinta. Sebab, khusus pengunjung anak-anak berusia 5 - 12 tahun, tarif yang dikenakan cuma setengahnya. Dan, anak di bawah 5 tahun, tidak dikenai biaya sama sekali.

Ada tiga kelompok menu yang disajikan, yakni tradisional Indonesia, Eropa, dan makanan Asia. Tapi, yang menjadi andalan adalah buffet masakan tradisional. Menu tradisional ini setiap hari berganti tema, bisa masakan khas Sunda, Bali, Padang, Cirebon, Manado, dan lain-lain. "Yang selalu menjadi favorit para tamu adalah beragam sajian soto,” kata Ridzania Herlendia, PR Manager Santika Premier Jakarta.

Restoran ini mampu menampung hingga 250 orang. Jadi, kecil kemungkinan, Anda kehabisan tempat. “Tapi, ada baiknya tetap melakukan reservasi," imbuh Ridzania.

Harris Cafe

Kafe yang terletak di Hotel Harris Bandung ini menyediakan paket berbuka “All You Can Eat” dengan harga cukup terjangkau, cuma Rp 88.000 per orang. Ini harga bersih, lo. Jadi, Anda tak perlu membayar biaya lain-lain lagi, termasuk pajak.

Tidak cukup sampai di situ. Khusus bagi anak berusia 5 - 12 tahun, biayanya cuma Rp 50.000 dan gratis untuk anak di bawah 5 tahun.

Bahkan, jika mengajak banyak orang, pengelola Harris menggelar program “Pay 5 for 6 persons, maximal 3”. “Artinya, dalam satu reservasi yang terdiri dari 18 orang, tiga orang di antaranya gratis," kata Citra Mariska, PR Manager Hotel Harris Bandung.

Beberapa menu andalan di Harris Cafe akan dihadirkan sepanjang bulan Ramadan, di antaranya Dim Sums, American Barbeque, dan Korean Barbeque. Selain itu, menu wajib berbuka puasa berupa tajil juga bisa ditemui setiap hari.

Hemat di Es Teller 77

Jika ingin menikmati buka puasa bersama dengan bujet lebih miring, Anda bisa menyambangi beberapa restoran cepat saji yang menggelar promo khusus Ramadan. Salah satunya, jaringan Es Teler 77.

Es Teller 77 menawarkan paket BukBer (Buka Bersama) spesial Ramadan. Paket BukBer ini terdiri atas empat paket senilai Rp 25.000 hingga Rp 45.000 per paket. Setiap paket BukBer terdiri dari lauk pauk, nasi, dan teh botol Sosro. Misalnya, paket Rp 45.000, terdiri dari sop buntut, teh botol Sosro, dan nasi.

Enaknya lagi, setiap paket mendapat tajil cuma-cuma.

Bakmi GM

Restoran Bakmi GM tak mau ketinggalan. Di bulan suci ini, Bakmi GM menawarkan dua paket khusus berbuka bertajuk paket Berbuka Hemat. Pada paket pertama, ada seporsi bakmi ayam plus teh botol Sosro yang dijual hanya Rp 20.000.

Paket kedua terdiri dari nasi goreng smoked chicken plus teh botol Sosro yang dijual seharga Rp 15.455.

Sumber Mingguan KONTAN, Edisi 23 - 29 Juli 2012


0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 5576 kali
Salin Tulisan