Besok minggu ada festival jenang di Solo

Selasa, 09 Februari 2016 | 14:34 WIB Sumber: Antara
Besok minggu ada festival jenang di Solo


Solo. Jangan lewatkan Festival Jenang Solo (FJS) pada 14 - 17 Februari 2016 di kawasan Ngarsapuro, Solo, Jawa Tengah.

Festival akan menampilkan berbagai macam jenang dari berbagai daerah.

Ketua FJS Mayor Haristanto mengatakan untuk mengawali acara tersebut tidak kurang dari 1.000 takir jenang ludes dalam sekejap saat dibagikan panitia FJS 2016 kepada pengunjung Car Free Day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, Minggu (7/2).

Ia mengatakan pembagian jenang tersebut dilakukan guna menyambut pelaksanaan FJS 2016.

"Acara ini merupakan pre event Festival Jenang yang diselenggarakan 14-17 Februari di kawasan Ngarsapura. Dalam kesempatan ini, kami menyediakan berbagai macam jenang seperti jenang ketan, jenang mutiara dan sebagainya," katanya, Selasa (9/2).

Mayor menambahkan, pembagian jenang gratis tersebut juga menjadi sarana sosialisasi penyelenggaraan FJS, yang diselenggarakan guna menyambut HUT ke-271 Kota Solo.

"Tema Festival Jenang Solo 2016 adalah Ragam Jenang Nusantara. Tema ini diambil untuk menggambarkan betapa bervariasinya jenang dan juga makanan tradisional yang ada di Nusantara. Jadi melalui kegiatan tersebut, kami ingin mengenalkan berbagai ragam jenang di Indonesia, termasuk dari Papua atau Kalimantan Barat (Kalbar)," katanya.

Ia mengatakan tidak hanya Jawa saja yang memiliki budaya mengkonsumsi jenang. Masyarakat di beberapa daerah lain pun mempunya kegemaran serupa.

"Makanya dengan pelaksanaan FJS 2016, kami ingin agar khalayak juga mengetahui adanya makanan-makanan tradisional tersebut," katanya.

Rencananya, panita bakal membagikan sekitar 2.000 takir jenang dalam puncak festival.

Beberapa kegiatan juga akan diselenggarakan selama berlangsungnya FJS.

(Joko Widodo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru