HOME| Tokoh|

INVESTASI BERKSHIRE HATHAWAY

Buffett: Investasi Index Fund untuk pensiun Anda

oleh : Rizki Caturini | Senin, 15 Mei 2017 | 12:07 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Buffett: Investasi Index Fund untuk pensiun Anda

WASHINGTON. Jika Anda sedang menyusun rencana sederhana untuk mengamankan dana pensiun Anda, salah satu investor saham paling sukses di dunia, Warren Buffett, memiliki beberapa saran yang bisa disimak.

Kepada CNBC dalam wawancara acara On The Money baru-baru ini, Buffet berujar, belilah secara konsisten saham murah di index fund seperti S&P 500.  "Saya pikir itu adalah hal yang paling masuk akal dan praktis dijalankan sepanjang waktu," ujarnya.

Dia menyarankan untuk tetap berada di dalam pasar meski pasar sedang berfluktuasi. "Teruslah membeli terutama ketika pasar sedang turun," kata CEO Berkshire Hathaway ini sambil tertawa.

Pada hari Jumat pekan lalu, saham AS terkoreksi karena sebagian data ekonomi yang dilansir menunjukkan hasil negatif dan beberapa perusahaan ritel mencetak kinerja tidak memuaskan. 

"Ketika Anda melihat berita negatif di media massa, mungkin di benak Anda malah berusaha untuk menahan investasi. Tapi teruslah mengoleksi," ujarnya.  

Karena Anda mengetahui bisnis di Amerika akan baik-baik saja dari waktu ke waktu. Jadi Anda tahu iklim investasi akan berjalan dengan sangat baik dalam jangka panjang. Sebagai bukti catatan pertumbuhan jangka panjang, "Oracle of Omaha" mengatakan, Dow Jones Industrial Average berangkat dari 66 menjadi 11.497 dalam satu abad pada akhir tahun 1999.

"Dan sejak abad itu berakhir, Dow Jones mencetak gain sedikit banyak dua kali lipat lagi," Buffett menambahkan. Pekan lalu, Dow ditutup di kisaran level 21.000.

Jangan jadi terlalu pemilih

Saham mana yang harus dibeli investor? Buffett mengatakan index fund adalah cara untuk menghindari risiko memilah saham-saham individual. "Kuncinya adalah memilih perusahaan yang tepat. Tips dasarnya adalah membeli semua perusahaan besar melalui S & P 500 dan melakukannya secara konsisten dan beli disaat harga murah," tambahnya.

Biaya sangat penting dalam investasi. Jika Anda mendapat keuntungan 7%-8% dan Anda hanya membayar 1% untuk biaya investasi, ini memberi perbedaan besar seberapa banyak uang yang akan Anda dapatkan saat pensiun.

Dia menambahkan, investor dapat menyimpan lebih banyak tabungan pensiun mereka dengan memotong biaya investasi. Caranya, dengan mengurangi biaya pengelolaan atau komisi yang dibebankan oleh penasihat keuangan.

Jika Anda mengeluarkan dana untuk mendapatkan jasa pengelolaan investasi Anda, pastikan Anda mendapatkan sesuatu dari situ. "Catatan menunjukkan bahwa Index Fund yang tidak terkelola berjalan cukup baik dari waktu ke waktu. Sementara investasi aktif yang dikelola oleh grup pengelola investasi tidak dapat mengalahkannya.

Dia mengakui bahwa keberuntungan memang bisa sering kali berperan dalam berinvestasi saham. 

Sumber CNBC


0 Komentar
Salin Tulisan