HOME | Tokoh | Peristiwa |

CHINA

Bursa China menghukum artis cantik Zhao Wei

oleh : Khomarul Hidayat | Senin, 13 November 2017 | 10:59 WIB

Bursa China menghukum artis cantik Zhao Wei

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Artis cantik China Zhao Wei tersandung masalah dengan otoritas bursa China. Bintang film yang juga investor pasar modal itu dan suaminya Huang Youlong dilarang melakukan aktivitas di pasar saham China selama lima tahun.

Zhao dan Huang divonis bersalah telah melakukan pelanggaran di pasar modal saat perusahaan yang mereka kendalikan, Tibet Longwei Culture Media Co, mengumumkan rencana akuisisi 29,1% saham Zhejiang Wanjia Co pada akhir 2016 silam.

Keterbukaan informasi Tibet Longwei Culture Media Co itu disampaikan ke Shanghai Stock Exchange. Sebab, Zhejian Wanjia adalah perusahan yang terdaftar di bursa efek Shanghai.

Belakangan akuisisi itu urung dilakukan. Zhejiang Wanjia kemudian diambil alih oleh investor lain dan berganti nama menjadi Zhejiang Sunriver Culture Co.

Nah, China Securities Regulatory Commission (CSRC) menyelidiki rencana akuisisi yang telah diumumkan perusahaan milik Zhao dan belakangan gagal tersebut. Regulator pasar moda China menyatakan pengumuman rencana akuisisi itu menyesatkan dan menyebabkan kerugian besar investor.

"Tindakan itu sangat mempengaruhi pasar, melukai kepercayaan investor kecil dan menengah di pasar," tulis CSRC seperti dikutip Reuters, akhir pekan lalu.

China Daily melaporkan, perusahaan Zhao tidak memiliki dana yang cukup untuk mengakuisisi Zhejiang. Apesnya, pencarian sumber pendanaan dari lembaga lain belum pasti diperoleh.

CSRC pun menilai, pengumuman rencana akuisisi itu tidak sesuai kondisi aktual perusahaan milik Zhao. Dus, rencana aksi korporasi itu dianggap sebagai pengungkapan informasi dengan dokumen palsu.

Menurut undang-undang sekuritas China, larangan lima tahun beraktivitas di pasar saham berarti pula Zhao dan suaminya harus mengundurkan diri dari semua jabatan eksekutif yang mereka pegang di perusahaan terbuka. Mereka juga tidak boleh mengoperasikan bisnis sekuritas seperti menjadi broker atau underwriter selama lima tahun.

Bukan itu saja, CSRC juga menjatuhkan denda bagi Zhao dan Huang masing-masing sebesar 300.000 yuan atau setara US$ 45.201. Sementara Tibet Longwei Culture Media Co terkena denda 600.000 yuan.

Zhao yang kini berusia 41 tahun dikenal luas tidak hanya sebagai selebriti di industri hiburan tapi juga sebagai investor. Dia dan suaminya memiliki kekayaan lebih dari 5 miliar yuan atau sekitar US$ 753 juta. Investasi Zhao tersebar di sejumlah saham. Salah satunya saham Alibaba Pictures Group.

Nama Zhao mulai  tenar sejak  membintangi serial televisi "My Fair Princess",  pada tahun 1998. Dia kemudian masuk layar lebar dan membintangi beberapa film populer seperti  "Shaolin Soccer" dan "Red Cliff".