Fashion Art dalam pertunjukan Dewi Legenda Jawa Barat

Minggu, 18 Maret 2018 | 19:07 WIB   Reporter: Agung Hidayat
Fashion Art dalam pertunjukan Dewi Legenda Jawa Barat

ILUSTRASI. Pertunjukan Dewi Legenda Jawa Barat


PEMENTASAN TARI - JAKARTA. Pada hari ini, salah satu kelompok seni dalam Panggung Ruang Kreatif Djarum Foundation menampilkan pertunjukan bertajuk Dewi Legenda Jawa Barat persembahan kelompok JP Art.

Joni Permana, desainer kostum dewi legenda dari pertunjukan Dewi Legenda Jawa Barat mengatakan dengan program ini, selain mendapatkan banyak ilmu untuk membuat sebuah karya seni pertunjukan yang inovatif.

Kelompoknya juga diajarkan untuk membuat dan menyampaikan gagasan seni secara komunikatif dan representatif. Melalui proses mentoring dan diskusi dengan Garin Nugroho dan seniman-seniman senior lainnya.

"Akhirnya filosofi yang ingin kami angkat dalam pertunjukan Dewi Legenda Jawa Barat ini dapat tervisualisasi dengan baik dan lancar,” ujar Joni dalam siaran pers, Minggu (18/3).

Dewi Legenda Jawa Barat tampil sebagai sebuah pertunjukan yang memadukan pagelaran busana dengan elemen budaya, tarian, musik, dan aksesori khas Jawa Barat yang indah. 

Pertunjukan dibuka dengan penampilan Joni Permana yang membawakan tarian yang melambangkan sosok manusia yang lahir dari titik merah sebagai lambang hawa nafsu, kemudian berwujud menjadi manusia suci yang baru lahir.

Acara dilanjutkan dengan munculnya sosok wanita yang melambangkan Sanghyang Asri Pohaci yang dipercaya sebagai salah satu wujud tokoh Dewi yang diagungkan sebagai Dewi Kesuburan tampil dengan keindahan kostum sebagai simbol angin, sifat angin keberadaannya yang terasa namun tidak terlihat, begitupun sosok pohaci keberadaannya diakui namun tidak terlihat.

Pertunjukan ini didukung dengan alunan musik khas Jawa Barat dari berbagai macam gaya dari setiap daerah yang menjadi latar belakang Dewi Legenda yang hadir oleh komunitas seni musik Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), Bandung dengan Komposer Romi Jaya Saputra.

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation menambahkan kostum dan aksesori memiliki peranan penting yang dapat menunjang keindahan sebuah seni pertunjukan. JP Art tampil untuk memvisualisasikan segitiga kehidupan yang terwujud nyata dengan hadirnya wanita-wanita yang menjadi perwakilan elemen alam seperti Air, Api, Tanah dan Udara.

"Hari ini, Dewi Legenda Jawa Barat bukan hanya sekedar tokoh dalam cerita legenda, mereka dihadirkan dalam pertunjukan seni yang kreatif dan menarik untuk mengajarkan arti kehidupan bagi para penonton yang hadir,” tambah Renita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru