HOME | Wisata |

INDUSTRI PARIWISATA

Festival Crossborder Atambua sukses digelar

oleh : Jane Aprilyani | Selasa, 05 Desember 2017 | 22:31 WIB

Festival Crossborder Atambua sukses digelar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rangkaian kegiatan dalam upaya menghadirkan wisatawan perbatasan melalui konser musik di Atambua, ‘Festival Crossborder Atambua 2017’ sukses digelar.

Kehadiran Judika sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan Festival Crossborder Atambua di sepanjang akhir tahun 2017. Tercatat lebih dari 30 ribu pengunjung memadati pusat kota Atambua malam kemarin.

Seperti diketahui, sepanjang tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Belu yang didukung penuh Kementerian Pariwisata telah beberapa kali menghadirkan ‘Festival Crossborder Atambua’. Deretan musisi terbaik tanah air serta musisi dan musisi lokal selalu dihadirkan. Mario G Kalu, TipeX, Jamrud, Coklat, dan juga Slank, adalah deretan nama-nama yang dihadirkan dalam festival tersebut.

Dubes RI untuk Timor Leste, Sahat Sitorus mengatakan, program ini bukan hanya milik Indonesia, tapi juga Timor Leste. “Karena kita saudara di NTT dan Timor Leste. Bahasanya sama, jadi memang dari dulunya Timor Leste dan NTT itu saudara. Jadi sekarang pun kita tetap saudara,” ujar Sahat Sitorus.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya event-event yang dilakukan di daerah perbatasan berperan sebagai daya tarik wisatawan mancanegara dan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Atraksi-atraksi di daerah perbatasan harus diperbanyak. Wisman perbatasan relatif dapat diperoleh dengan mudah dan cepat dengan menggelar berbagai atraksi lomba dan event, serta pertunjukan kesenian seperti konser musik,” ujar Arief Yahya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Selasa (5/12).

Sementara Bupati Belu, Willybrodus Lay menilai Festival Crossborder Atambua menjadi agenda wajib yang didatangi para wisatawan. Khususnya masyakarat Timor Leste. "Festival Crossborder Atambua 2017" tidak hanya mewujudkan Atambua sebagai kota festival. Tapi lebih dari itu, mengangkat Atambua semakin dikenal.

"Atambua yang seolah jauh kini semakin dekat. Dengan ini diharapkan wisatawan pun semakin tertarik ke Atambua," ujarnya.

Data dari BPS, wisman yang berkunjung ke Indonesia melalui Pos Lintas Batas (PLB) periode Mei 2017 mencapai 156,05 ribu kunjungan, angka ini mengalami kenaikan sebesar 722,38% jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.