Festival Tasikmalaya akan hadirkan produk kreatif

Kamis, 05 Oktober 2017 | 15:32 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Festival Tasikmalaya akan hadirkan produk kreatif


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum meluncurkan Taksikmalaya October Festival (ToF) 2017. Penyelenggaraan acara di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 14-17 Oktober ini merupakan kelanjutan dari penyelenggaraan event serupa yang sukses digelar tahun lalu.

"Event ToF dijadikan sarana untuk mem-branding Tasikmalaya sebagai kota industri dan perdagangan. Sejak dulu kota ini terkenal dengan produk kreatifnya seperti kain bordir, batik, payung tradisional, serta sendal kelom," kata Arief Yahya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (5/10).

Walikota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan, sebagai upaya untuk mewujudkan visi Taksikmalaya 2025 menjadi kota industri dan perdagangan, pada Oktober 2016 telah diselenggarakan Tasik Invesment Expo and Conference (TIEC) 2016. Acara ini dihadiri 45 delegasi dari 3 negara anggota ASEAN (Singapura, Filipina, dan Malaysia) serta 5 negara non-ASEAN (Jerman, Belgia, Italia, Palestina, dan Afrika Selatan).

“Sebagai rangkaian dari kegiatan internasional itu juga digelar Tasik Creative Festival (TCF) sarana mempromosikan produk kreatif Kota Tasikmalaya dan Tasik Culture Carnival (TCC) merupakan event promosi khasanah budaya lokal,” kata Budi Budiman.

Event ToF 2017 terdiri sejumlah kegiatan atau event unggulan antara lain Pameran Produk Kreatif (Tasik Kreative Festival), Pameran Produk Kuliner (Tasik Halal Culinary Festival), Talk Show Kerjasama Pengembangan Investasi (Tasik Investment Expo and Conference), Parade Budaya / Carnaval Budaya (Tasik Culture Festival), Tasikmalaya Great Sale, dan pekan diskon di semua toko yang berpartisipasi.

Penyelenggaraan ToF 2017 melibatkan para UKM produk kreatif unggulan seperti bordir, batik, kelom, payung, mendong bamboo, alas kaki dan makanan olahan.

Acara ini juga mengundang WUBI (Wirausaha Bank Indonesia), seniman dan pelaku budaya, Komunitas Kreatif Kota Tasikmalaya, KADIN Kota Tasikmalaya, serta partisipan dari luar negeri.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru