HOME | Wisata |

INDUSTRI PARIWISATA

Gaet turis tetangga, Kempar bikin wisata Batam

oleh : Jane Aprilyani | Minggu, 20 Agustus 2017 | 16:18 WIB

Gaet turis tetangga, Kempar bikin wisata Batam

KONTAN.CO.ID - Kementerian Pariwisata makin fokus memasarkan pariwisata kepada wisatawan lintas batas (cross border). Usai serangkaian Rapat Koordinasi (Rakor) dengan semua instansi terkait yang berhubungan dengan wilayah perbatasan di Batam dan Bintan, Kementerian Pariwisata langsung menggelar peluncuran Pesona Wisata Indonesia (PWI) Terpadu Cross Border Batam Bintan di Batam View Beach and Resort.

"PWI Terpadu Cross Border ini digelar untuk mengembangkan pasar turis Malaysia dan Singapura, khususnya ke Batam dan Bintan," kata I Gede Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Kementerian Pariwisata dalam keterangan resmi, Minggu (20/8).

Program promosi terpadu ini merupakan salah satu bentuk kerja sama Kementerian Pariwisata dengan industri aksebilitas (ferry), Pemerintah daerah, industri pariwisata terkait di Batam, Bintan, Singapura, dan Malaysia (Johor).

Ada 161 paket promosi dan wisata yang siap ditawarkan untuk seluruh wisman. Paket mulai dari Sin$20 atau sekitar Rp190.000 dan RM134 sudah bisa menjelajah Batam," sebut Pitana.

Rizki Handayani, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata menambahkan, bidikan Batam dan Bintan ini bukan tanpa sebab. Saat ini, dua destinasi yang ada di Kepualau Riau (Kepri) itu ada di top 3 wisman terbesar di Indonesia dengan persentase 16%. Prosentasenya hanya kalah dari Bali 43% dan Jakarta 19%.