Gusur MU, Son Heung-min bawa Spurs jadi klub asing paling populer di Korea Selatan

Kamis, 15 Oktober 2020 | 23:50 WIB Sumber: Reuters
Gusur MU, Son Heung-min bawa Spurs jadi klub asing paling populer di Korea Selatan


SEPAK BOLA - SEOUL. Son Heung-min membantu Tottenham Hotspur melewati Manchester United (MU) untuk menjadi klub asing paling populer di Korea Selatan, dengan lebih dari 20% penduduk sekarang "bersekutu" dengan tim London Utara itu, menurut Nielsen Fan Insights.

Survei Nielsen Fan Insights lima tahun lalu menunjukkan, Spurs, julukan Tottenham Hotspur, memiliki dukungan yang dapat diabaikan di Korea Selatan, negara berpenduduk 52 juta, sebelum Son Heung-min bergabung dengan klub tersebut pada 2015.

Sejak itu, kenaikan Son ke puncak Liga Premier Inggris telah diimbangi dengan popularitas Spurs di Korea Selatan. Spurs terus bergerak melewati Arsenal, Chelsea, Real Madrid, dan Barcelona sebelum mengalahkan Manchester United pada akhir 2018.

Spurs tetap menjadi klub luar negeri paling populer sejak itu. Dan, survei terbaru terhadap warga Korea Selatan berusia 16 hingga 69 tahun memberi mereka dukungan 21,4%, mewakili sekitar 11 juta penggemar bola, dibandingkan dengan 6,1% untuk klub terpopuler kedua, Manchester United.

Baca Juga: Manchester City bakal kejar Messi lagi di musim depan

Baca Juga: Sedang bermain bersama Portugal, Ronaldo positif Covid-19

"Popularitas Tottenham Hotspur di Korea Selatan dengan sempurna menggambarkan dampak positif yang dapat dimiliki pemain menonjol pada sports franchise di separuh pasar dunia," kata Marco Nazzari, Managing Director International di Nielsen Sports, seperti dikutip Reuters.

Pemain pertama dari Asia

Popularitas Manchester United sebelumnya juga didorong oleh kedatangan gelandang Park Ji-sung di Old Trafford pada 2005, memicu minat utama Korea Selatan terhadap liga papan atas Inggris.

Meskipun Park memenangkan Liga Champions dan empat gelar Liga Premier dalam tujuh tahun di Manchester United, profil individu Son telah jauh melampaui rekan satu negaranya itu, baik di Inggris maupun Korea Selatan.

Son telah mencetak 59 gol dalam 164 pertandingan Liga Premier Inggris untuk Spurs. Dan, bulan lalu dia menjadi pemain pertama dari Asia yang mencetak empat gol dalam satu pertandingan liga papan atas Inggris, dengan penampilan brilian melawan Southampton.

Bersama pensiunan skater Kim Yuna dan perenang Park Tae-hwan, Son sekarang menjadi tokoh olahraga nomor satu di Korea Selatan, dengan wajahnya dalam iklan dan gol dengan kaus Spurs ada di mana-mana di layar TV lokal.

Selanjutnya: Cristiano Ronaldo jawara, ini 5 pemain dengan gol terbanyak lewat tendangan bebas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru