Tokoh
HARTADI A. SARWONO
Hartadi: Dosen di masa pensiun
oleh : Herry Prasetyo | Selasa, 04 Juni 2013 | 07:27 WIB
artikel dibaca sebanyak 1608 kali
0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 1608 kali
Salin Tulisan
Hartadi: Dosen di masa pensiun

Pertengahan Juni 2013 nanti, Hartadi A. Sarwono akan memasuki masa pensiun. Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) sejak tahun 2003 ini rupanya punya keinginan mengajar setelah pensiun kelak.

Sejatinya, pria kelahiran Jakarta, 61 tahun lalu, ini ingin mengisi waktu pensiun untuk beristirahat. Apalagi ada kode etik di BI yang disebut dengan cooling period. Aturan ini menyebutkan, dalam waktu enam bulan, pensiunan BI dilarang bekerja di bidang industri yang diatur oleh BI.

Namun, doktor kebijakan moneter dari The University of Oregon ini emoh bila keahliannya tak dimanfaatkan. Terlebih, banyak tawaran menjadi dosen datang dari sejumlah perguruan tinggi. Salah satunya dari Universitas Indonesia (UI).

Hartadi tampaknya akan menerima tawaran tersebut. Toh, selama ini ia sering menjadi promotor doktor di UI. Cuma, dia enggan jika harus terikat di satu perguruan tinggi. “Kalau jadi dosen tetap nanti tidak bisa mengajar ke mana-mana,” ujar Hartadi yang sempat menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur BI selama dua hari.

Selain mengajar, Hartadi masih akan setia membantu BI. Sebab, ia diminta membantu  transisi pengawasan perbankan dari bank sentral ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ia pun mengiyakan, meski nantinya tak memiliki jabatan apa-apa. “Tidak dibayar juga tidak apa-apa,” katanya.

Sumber Mingguan KONTAN, Edisi 3 -- 9 Juni 2013


0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 1608 kali
Salin Tulisan