HOME | Rendezvous |

USAHA PENERBITAN

IKAPI beri penghargaan bagi pegiat literasi

oleh : Maizal Walfajri | Rabu, 06 September 2017 | 19:29 WIB

IKAPI beri penghargaan bagi pegiat literasi

KONTAN.CO.ID - Apresiasi penulis dan pegiat literasi dalam negeri Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) beri penghargaan dalam tiga kategori IKAPI Award. Adapun ketiga kategori IKAPI Award adalah book of the year, writer of the year, dan literacy promoter. Penghargaan IKAPI Award diberikan pada pembukaan Indonesia International Book Fair (IIBF) pada Rabu (6/9) di Assembly Hall Jakarta Convention Center.

Kategori Book of the year diberikan kepada buku yang laris di pasaran dan berkualitas. Buku tersebut berisi pengetahuan, menambah wawasan, dan populer di masyarakat. Bila pada tahun-tahun sebelumnya nominasi book of the year diterima oleh buku fiksi terutama novel.

Pada IKAPI Award 2017, nominasi ini diterima oleh buku non-fiksi dengan kategori parenting. Penerima penghargaan IKAPI Award 2017 dengan nominasi book of the year adalah "Happy Little Soul" karya Retno Hening Palupi yang diterbitkan oleh Gagas Media.

Kategori writer of the year diberikan kepada penulis yang gigih dan setia pada profesinya sebagai penulis yang memberikan inspirasi kepada masyarakat. Nominasi ini diterima oleh penulis buku kawakan Pidi Baiq.

Sedangkan kategori literacy promotion diberikan kepada sosok yang aktif mengupayakan dan meningkatkan literasi kepada masyarakat. Penerima kategori ini adalah Najwa Shihab yang sekaligus ditunjukkan oleh Perpustakan Nasional Indonesia sebagai duta baca Indonesia sejak 2016-2020.

Asal tahu saja, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) kembali gelar Indonesia International Book Fair (IIBF) pada 6-10 September 2017 di Assembly Hall Jakarta Convention Center. Pada pameran tahunan yang sudah berlangsung sejak 37 tahun yang lalu ini, diikuti oleh 20 negara.

Negara yang berpartisipasi pada IIBF 2017 adalah Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, China, Korea, Jepang, Jerman, Perancis, Belanda, Bosnia, India, Mesir, Arab Suadi, dan Inggris.