Industri kreatif berkontribusi cukup besar bagi PDB Indonesia

Jumat, 20 Juli 2018 | 16:25 WIB   Reporter: Puspita Saraswati
Industri kreatif berkontribusi cukup besar bagi PDB Indonesia

ILUSTRASI.


INDUSTRI KREATIF - JAKARTA. Industri kreatif memiliki kontribusi yang cukup besar dalam menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2018. 

“Bagus sekali kontribusi inkref di semester I tahun 2018 ini, tapi kita nggak tahu angkanya nanti baru kita tahu angkanya tahun depan,” kata Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif kepada Kontan.co.id, Jumat (20/7)

Menurut penjelasannya, industri kreatif sub sektror fesyen dan kuliner masih yang tertinggi. Sedangkan untuk sub sektor terendah menurutnya adalah di industri perfilman.

“Tapi kita mesti hitung juga multiplyer effect bukan hanya film itu sendiri. Kan tiap film tidak hanya tentang film itu sendiri. Tapi juga ke travel, dan banyak lagi. Kita belum hitung itu. BPS juga belum hitung itu jadi mesti ada survei khusus,” jelasnya.

Meski berada pada posisi kontribusi PDB yang rendah, pihaknya mengungkapkan industri film saat ini sedang mengalami peningkatan. “Sektor film sedang meningkat. Jumlah penonton film Indonesia sudah 42 juta lebih dari sebelumnya 16 juta,” ujar Triawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru