HOME | Otomotif |

OTOMOTIF

Ini alasan PT Arista jadi mitra diler Wuling

oleh : Nisa Dwiresya Putri | Selasa, 19 September 2017 | 21:21 WIB

Ini alasan PT Arista jadi mitra diler Wuling

KONTAN.CO.ID - PT Arista Jaya Lestari (Arista) menjadi salah satu partner Wuling Motors (Wuling) dalam memasarkan produk mobil. Arista pun tak segan berinvestasi puluhan miliar rupiah untuk buka diler Wuling.

Ditemui di diler Wuling Motors H.R. Muhammad, Surabaya, Presiden Direktur Arista untuk Wuling, Ali Hanafiah mengemukakan alasan perusahaannya percaya pada Wuling.

"Value for money-nya tinggi dibandingkan produk lain yang ada di Indonesia," ujar Ali, Selasa (19/9).

Hal ini menurut Ali ditunjukkan dengan harga produk Wuling yakni Confero yang lebih terjangkau dibanding mobil lain tipe sejenis dengan spesifikasi yang sama. Meski demikian, Ali bilang tak berarti mobil Wuling mengesampingkan kualitas.

Adapun ia menilai, strategi Wuling menempatkan pabrik dan vendor dalam satu lokasi adalah upaya yang tepat untuk memangkas cost. Hal ini juga membuat proses supply produk menjadi lebih cepat.

Tak heran, Arista kemudian memutuskan untuk berinvestasi dengan mengelola diler-diler Wuling. "Yang pasti proses pengambilan keputusan ini tidak tiba-tiba. Ada pertimbangan yang cukup matang," tutur Ali.

Meski demikian, Ali enggan merinci total diler Wuling yang dikelola oleh Arista. Adapun beberapa yang sempat disebutnya adalah diler di Medan, Pekan Baru, Lampung, dan Surabaya. Ali bilang, untuk mendirikan satu diler, dibutuhkan investasi rata-rata sekitar Rp 50 miliar.

"Nanti besarnya juga bergantung lokasi, " tambah Ali.

Di Surabaya sendiri, Arista mengelola diler Wuling H.R. Muhammad yang disebut-sebut sebagai diler bintang lima. Lokasinya tepat di di Jl. HR Muhammad No.132, Surabaya.

Dengan luas tanah 4.200 meter persegi dan luas bangunan 1.420 meter persegi, diler ini dilengkapi dengan 10 unit car stall di service bay. Kapasitas area showroom dapat memamerkan 5 unit mobil display.

Tahun ini menurut Ali, Wuling maupun Arista tengah merencanakan penambahan diler-diler baru. Namun, Ali enggan merinci dengan detil target penambahan tersebut. Sebagai informasi, tahun ini Wuling telah menetapkan 50 titik lokasi diler di seluruh Indonesia untuk segera dioperasikan.