HOME | Gadget |

TEKNOLOGI

Ini dia 8 fitur Google Maps yang harus diketahui

oleh : Hendra Gunawan | Rabu, 12 Juli 2017 | 16:14 WIB

Ini dia 8 fitur Google Maps yang harus diketahui

JAKARTA. Bagi Anda yang suka bepergian atau mencari alamat, Google Maps tentu sudah menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan.

Sejak dimulai sebagai program desktop pada tahun 2004, Google Maps kini telah berkembang menjadi aplikasi yang sangat membantu dalam menavigasi.

Saat ini, Google Maps telah memetakan lebih dari 200 negara dan wilayah, dan memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Banyak di antaranya menggunakan Google Maps setiap hari untuk membantu menavigasi di tempat baru yang tidak dikenal.

Saat ini, Google Maps juga memiliki berbagai macam fitur dengan setiap pembaharuan yang membuatnya lebih dari sekadar aplikasi navigasi.

Mau tau apa saja fitur itu? Ini dia:

1. Buat dan bagikan daftar tempat favorit
Membagikan pengalaman di tempat favorit menjadi salah satu fitur Google Maps. Caranya, simpan semua restoran, bar, butik, dan tempat favorit Anda di lokasi yang berbeda, dengan menggunakan fitur "daftar" terbaru. Bagikan daftar "Sushi terbaik di kota" atau "Restoran paling romantis" dengan teman dan mereka akan dapat menemukan petunjuk arah ke tempat yang Anda sarankan  dengan mudah.

2. Atur lokasi penjemputan dengan tepat
Google Maps kini terintegrasi dengan layanan ride-sharing Uber, yang membuat pengguna dapat memesan tumpangan tanpa harus keluar dari Google Maps. Namun sebelumnya pengguna harus melakukan upgrade aplikasi terlebih dulu

3. Informasi jadwal transit bus secara real-time
Merencanakan perjalanan kini menjadi lebih mudah karena pengguna bisa mengetahui persis kapan bus akan tiba saat memeriksa rute yang akan ditempuh.

4. Dapatkan informasi real-time tentang kerumunan tempat di Search & Maps
Pengguna aplikasi Google Maps dapat mengetahui timing puncak keramaian agar tidak berdesak-desakan saat jam sibuk. Misalnya ingin tahu kapan restoran favorit tersebut tidak ramai sehingga bisa terhindar dari membuang waktu saat mengantre.

5. Ketersediaan pencarian kategoris pada peta offline
Bagi yang gemar bepergian, Google Maps dapat menyimpan peta dan mengaksesnya secara offline. Pengguna juga bisa mencari berbagai tempat seperti restoran dan lainnya secara offline.

6. Peta dalam ruangan
Saat ini Google Maps juga telah memetakan lebih dari 60 tempat di Indonesia. Fitur ini dapat digunakan bila pengguna tidak dapat menemukan direktori belanja.
Beberapa pusat perbelanjaan yang sudah diaktifkan dengan Indoor Maps mencakup Bandara Udara Internasional Ngurah Rai Bali, Jakarta Convention Centre, Grand Indonesia Shopping Town, dan Museum Nasional Indonesia.

7. Daftar tempat makan dan minum yang dikurasi (hanya untuk ponsel Android)
Tidak yakin dengan apa menu untuk makan malam? Google Maps sekarang dapat membantu menawarkan daftar rekomendasi tempat makan di bawah tab “tempat”.

Temukan rekomendasi untuk "makan murah" atau "kafe terbaik", atau bahkan tempat sehari-hari seperti ATM dan pompa bensin di sekitar atau di lokasi lainnya hanya dengan sekali tekan.

8. Hacks Khusus Android
Hal-hal baru telah menjadi lebih ringkas bagi pengguna Android. Sekarang, Google Maps di Android dapat memberikan info sehari-hari di awal layar utama ponsel penggunanya. Geser ke atas dan akan terlihat tiga tab yang akan membantu pengguna untuk menemukan restoran terdekat, melalui lalu lintas, atau naik bus berikutnya.