Jember Fashion Carnaval 2017 mendunia

Senin, 14 Agustus 2017 | 11:37 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Jember Fashion Carnaval 2017 mendunia


INDUSTRI PARIWISATA - Gelaran Jember Fashion Carnaval 2017 (JFC 2017) yang dihelat 9-13 Agustus 2017 sukses memukau pengunjung hingga jadi pembicaraan ke berbagai negara. Ribuan fotografer baik dari media lokal, nasional dan internasional serta komunitas fotografer yang berkumpul untuk mengabadikan momen ini. 

"Kami mencatat ada seribu fotografer yang mengajukan izin liputan. Itupun , masih banyak yang datang meliput tanpa mendaftar dan tetap kami izinkan. Mereka berasal dari media lokal Jawa Timur, nasional dan dari luar negeri. Ada beberapa komunitas fotografer juga yang jumlahnya mencapai ratusan," ungkap Presiden JFC Dynand Fariz.

Sejumlah fotografer asing nampak terpesona dengan penampilan peserta Jember Fashion Carnaval (JFC) yang digelar di alun-alun Kabuaten Jember. Bahkan, ada yang sengaja datang untuk memproduksi film dokumenternya. "Kegiatan JFC sangat luar biasa, sehingga saya ingin membuat film dokumenter tentang karnaval yang sudah mendunia ini," kata salah seorang wartawan TV dari Inggris, Garry Talbot.

Hal senada juga disampaikan wisatawan perempuan asal Swiss, Clo Meunier. Dia mengaku takjub dan terpesona dengan busana yang digunakan para peserta grand carnaval JFC. Tampilannya menurut dia tidak kalah menarik dengan karnaval di Rio de Janiero Brasil. "Para peserta membuat kostum sangat luar biasa. Apalagi mereka membuat sendiri dan mereka juga bukan seorang desainer. Busana yang digunakan juga dikemas dalam balutan budaya Indonesia," tuturnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun bangga melihat antusias semua pihak dalam pagelaran Jember Fashion Carnaval. Ia menyebut, karnaval ini sudah mengangkat kota Jember dan pantas menjadin Kota Karnaval Dunia dengan sederet prestasinya. Menariknya, penyelenggaraan tahun ini sekaligus akan menjadi momen ditetapkannya Jember sebagai Kota Karnaval setaraf dengan kota-kota karnaval internasional lainnya seperti Rio de Janeiro, Brasil.

Arief yakin untuk bisa terus meningkatkan pendapatan di Jember, dengan pagelaran Jember Fashion Carnaval dan diliput oleh media. Seluruh dunia akan makin penasaran dengan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru