HOME | Wisata |

INDUSTRI PARIWISATA

Karnaval Pesona Danau Toba 2017 digelar

oleh : Jane Aprilyani | Selasa, 05 September 2017 | 11:53 WIB

Karnaval Pesona Danau Toba 2017 digelar

KONTAN.CO.ID - Setelah sempat tertunda karena bersamaan dengan gelaran akbar Karnaval Kemerdekaan di Bandung, kini Pemerintah Kabupaten Tobasa yang didukung Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Sumatera Utara sudah siap 100% menggelar Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige Kabupaten Toba Samosir 9-10 September.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut Kegiatan Karnaval Pesona Danau Toba 2017 ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi  Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang ditargetkan serta menciptakan sebanyak mungkin lapangan kerja baru. Ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Juga target 2019, kawasan ini harus mampu mendatangkan turis sebanyak 1 juta orang.

"Kemenpar akan terus membantu mempromosikannya, begitu juga dengan agen perjalanan wisata yang harus segera membuat paket perjalanan yang menarik. Event Pesona Karnaval Danau Toba ini harus semakin mendunia, ayo datang, saksikan, dokumentasikan dan viralkan!,” pungkasnya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Selasa (5/9).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir Ultri Sonlahir Simangunsong mengatakan persiapan untuk pagelaran sudah matang. "Persiapan sudah 100%, Event tahunan ini siap digelar sesuai arahan Presiden Jokowi yang ingin menjadikan event ini sebagai agenda tahunan untuk memperkokoh persatuan bangsa dan sekaligus membawa Pesona Danau Toba lebih mendunia, dan tentunya kami siap persembahkan untuk para wisatawan," kata Ultri Sonlahir Simangunsong.

Karnaval ini juga dipastikan akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan beserta Ibu Devi Pandjaitan. Selain itu juga direncanakan akan dihadiri Menteri Pariwisata, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Menteri Pariwisata  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, anggota DPR RI dan lainnya. “Utusan 7 Kabupaten di Kawasan Danau Toba juga akan ikut dalam karnaval,” bebernya.

Karnaval Budaya di Balige, Toba Samosir, rencananya akan diikuti peserta karnaval sebanyak  2.000 orang, ada  500 manghunti tandok (menjunjung tandok) dan ada juga peserta karnaval yang bermain trompet sangkakala dan lainnya.

Nantinya, karnaval akan semakin meriah dengan parade perahu berhias lampu warna-warni di Danau Toba, yang akan menggunakan jalur sepanjang 3,5 Km dari Soposurung hingga Balerong. Jalur karnaval akan berakhir di  pasar tradisional Balerong, pasar dengan enam bangunan megah ber-hiaskan ukiran khas Batak Gorda.

Selain Parade Karnaval, acara akan dimeriahkan dengan Pesta Hiburan Rakyat yang dipusatkan di Tugu DI Panjaitan dan Lapangan Sisingamaraja XII Balige dan Pameran Produk Kuliner di tempat yang sama.