HOME | Otomotif |

OTOMOTIF

Karoseri Laksana luncurkan All New Tourista

oleh : Eldo Christoffel Rafael | Rabu, 13 September 2017 | 20:41 WIB

Karoseri Laksana luncurkan All New Tourista

KONTAN.CO.ID - Bertepatan dengan hari jadinya ke- 40, Karoseri Laksana resmi meluncurkan tipe karoseri bus All New Tourista. Bus line up dengan chassis ukuran medium ini ditargetkan untuk memenuhi permintaan industri pariwisata.

Meski begitu, Alvin Amran, Direktur Keuangan Laksana Bus belum menghitung secara final harga jual tiper terbarunya.  Ia hanya menuturkan, biaya pemasarangan karoseri bus berkisar Rp 300 juta.

Laksana memiliki dua jenis karoseri untuk bus. Yakni, medium bus dan big bus. Tipe medium bus terdiru dari Nucleus dan Tourista. Sementara, untuk big bus tipenya ada tiga, yakni Discovery,  Cityline dan Legacy Sky.

Sejauh ini, medium bus menyumbang 40% penjualan. Sisanya, sebesar 60% berasal dari big bus. "Di kelas medium bus ini, Tourista tulang punggung penjualan, sedangkan untuk big bus ada Legacy Sky," kata Alvin, Selasa (12/9).

Pada tahun ini, pabrik karoseri yang berpusat di Ungaran, Jawa Tengah ini menargetkan produksi medium bus sebanyak 120 unit per bulan. Naik dari tahun lalu 100 unit per bulan.

Selain itu, pada 2017 ini, Laksana baru saja mengembangkan divisi chassis, untuk mendukung produksi fasilitas penyambungan chassis. Sebab selama ini chasis yang diterima ukuran pendek dan perlu ekstensi atau pemajangan. Sayang, Alvin belum menjelaskan biaya investasi untuk penambahan divisi barunya.