kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.573
  • EMAS593.896 0,51%

Kejar target kunjungan wisata, pebisnis penerbangan dan biro wisata kerjasama promosi

Minggu, 29 Juli 2018 / 10:01 WIB

Kejar target kunjungan wisata, pebisnis penerbangan dan biro wisata kerjasama promosi
ILUSTRASI. Wisatawan asing di Candi Prambanan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaku usaha di bidang penerbangan (airlines) dan biro perjalanan wisata (BPW/wholesaler) berkomitmen akan menghasilkan 730.669 paket bagi wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia selama periode Agustus - Desember 2018. Cara ini untuk mendukung target 17 juta kunjungan wisman pada tahun ini.

Komitmen airlines dan wholesaler itu diantaranya diwujudkan dalam penandatanganan kerjasama promosi terpadu antara Kementerian Pariwisata dengan 15 airlines dan delapan wholesaler yang dituangkan dalam bentuk Letter of Intent/LoI (16 dokumen), Memorandum of Understanding/MoU (dua dukumen), dan Memorandum of Implementation Arrangement/MoIA (lima dokumen) yang ditandangani di acara Rakornas.


Hingga penutupan, sudah ditandatangani kesepakatan dengan 25 Mitra Inisiatif Strategis yang terdiri dari 23 Mitra Insentif Aksesibilitas (5 MoIA, 2 MoU, 16 LoI), Mitra Hot Deals sebanyak 1 Mitra (PKS - Eksisting), dan Mitra CDM masih dalam tahap lelang.

"Dari mitra tersebut, diperoleh komitmen penambahan wisman ( incremental pax) sejumlah 1.230.669 wisman. Diantaranya dengan mitra insentif aksesibilitas sebesar 730.669 Wisman tambahan dan mitra Hot Deals (Kepri) sebesar 500.000 wisman tambahan," kata Nia Niscaya selaku Ketua Rakornas Kementerian Pariwisata dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Minggu (29/7).

Jumlah ini diharapkan akan membantu untuk mengejar target 17 juta kunjungan wisman tahun 2018. Dengan rata-rata jumlah kunjungan wisman sebesar 1,25 juta perbulan. Sebagai informasi akhir tahun ini akan diperoleh 15 juta wisman, sehingga perlu tambahan dua juta wisman untuk mencapai target 17 wisman pada 2018.

Tambahan dua juta wisman itulah yang akan dikejar Kempar melalui tiga program marketing khusus yang menjadi fokus dalam Rakornas kali ini yaitu Incentive Airlines, atau wholesalers,, Hot Deals Visit Wonderful Indonesia, dan Competing Destination Model dengan target menghasilkan 2,5 juta kunjungan wisman.

Target realistis tersebut terdiri atas program pemberikan insentif kepada airlines/wholesaler sebanyak 730.669 wisman (target optimistis 1 juta), program Hot Deal Visit Monderful Indonesia sebesar 750.000 wisman (target optimistis 2,5 juta terdiri Paket Hot Deal Great Kepri 500.000 wisman, Paket Hot Deal Great Jakarta satu juta wisman, dan Paket Hot Deal Great Bali satu juta wisman), dan program Competing Destination Model (CDM) sebanyak 500.000 wisman.


Reporter: Jane Aprilyani
Editor: Herlina Kartika

WISATA

Tag
TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0014 || diagnostic_api_kanan = 0.0745 || diagnostic_web = 0.2876

Close [X]
×